Kompas TV cerita ramadan cerita

Tradisi Minum Teh di Turki dan Kashmir: Jenis Teh, Cara Membuat, dan Khasiat Kesehatannya

Kompas.tv - 22 April 2021, 16:15 WIB
tradisi-minum-teh-di-turki-dan-kashmir-jenis-teh-cara-membuat-dan-khasiat-kesehatannya
Kashmiri Kahwa adalah teh hijau yang dicampur kayu manis, kapulaga, saffron kering, buah kering atau kacang (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Edwin Shri Bimo

KASHMIR, KOMPAS.TV - Teh merupakan minuman yang sangat populer yang lambat laun menjadi bagian penting dari budaya di Turki dan Kashmir.

Seperti dilansir dari Dailysabah, Rabu, (21/04/2021), rakyat Turki dikenal karena kecintaan mereka pada teh, terutama jenis teh hitam. Minuman ini dikonsumsi sepanjang hari, termasuk saat sarapan pagi dan kumpul keluarga di malam hari.

Hal yang sama berlaku untuk Kashmir. Teh sangat populer sehingga menjadi bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari.

Dapat dikatakan teh telah menjadi minuman yang disukai oleh orang-orang dari berbagai kelas dan latar belakang baik di Turki maupun di Kashmir.

Serupa dalam pengucapan, orang Turki dan Kashmir masing-masing menyebutnya "çay" dan "chai" dalam bahasa mereka. Mari belajar tentang budaya minuman yang sangat populer ini di Turki dan Kashmir.

Jenis teh esensial

Di Turki, teh hitam ditanam di kawasan Laut Hitam bagian timur, khususnya di provinsi Rize, dan menduduki posisi teratas dalam konsumsi per kapita. (Sumber: DHA Photos/Dailysabah)

Di Turki, teh hitam ditanam di kawasan Laut Hitam bagian timur, khususnya di provinsi Rize, dan menduduki posisi teratas dalam konsumsi per kapita.

Di rumah-rumah Turki, menawarkan secangkir teh kepada para tamu merupakan tradisi. Minuman ini disiapkan dalam teko ganda yang disebut "çaydanl k"; Namun, jenis teko lain yang disebut "samovar" juga digunakan di negara ini, terutama di kedai kopi, karena dapat membuat teh tetap panas untuk waktu yang lama.

Orang Turki menggunakan gelas berbentuk tulip yang disebut "ince belli" untuk menyajikan teh mereka dan sering kali menambahkan sedikit gula sebagai tradisi.

Apalagi teh Turki memiliki manfaat kesehatan yang unik seperti meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke dengan menurunkan kolesterol jahat.

Orang Turki menggunakan gelas berbentuk tulip yang disebut Ince Belli untuk menyajikan teh mereka dan sering kali menambahkan sedikit gula sebagai tradisi. (Sumber: AA Photo/Dailysabah)

Ini menurunkan risiko diabetes dan obesitas serta membantu mengurangi kadar kortisol, hormon yang bertanggung jawab atas stres tubuh.

Teh Turki, dikemas dengan antioksidan, dianggap sebagai salah satu teh tersehat di dunia. Memberikan perlindungan dari flu biasa selama musim dingin juga merupakan salah satu manfaatnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, teh Turki juga menjadi populer di Kashmir, dan orang Kashmir telah menyukai minuman lezat ini. Faktanya, itu disajikan oleh ruang teh mewah lokal Chai Jaai.

Jenis teh paling umum di Kashmir yang dapat dianggap setara dengan teh hitam Turki adalah kahwa. Meski kahwa berbeda dengan teh Turki, keduanya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tatanan kehidupan sosial dan budaya masyarakat di kedua wilayah tersebut.

Kashmiri Kahwa adalah teh hijau yang dicampur kayu manis, kapulaga, saffron kering, buah kering atau kacang (Sumber: Shutterstock/Dailysabah)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x