Kompas TV nasional peristiwa

KILLCOVID19 Luncurkan Program Home Care dan Home Delivery Untuk Vaksinasi Covid-19 Pada Lansia

Kompas.tv - 21 April 2021, 13:57 WIB
killcovid19-luncurkan-program-home-care-dan-home-delivery-untuk-vaksinasi-covid-19-pada-lansia
Ilustrasi Vaksinasi untuk Warga Lansia (Sumber: Kemenkes RI)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 (KILLCOVID19) meluncurkan program Home Care dan Home Delivery sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam percepatan vaksinasi lanjut usia (lansia) pada Rabu (21/4/2021). 

Peluncuran program ini digelar pada acara "Program Home Care & Home Delivery Vaksinasi 10.000 Pansia untuk Negara" di Rumah Sakit Husada, Mangga Besar, Jakarta Pusat.

"Seperti kita ketahui bahwa lansia masih banyak sekali yang belum divaksin. Sehingga alternatif untuk mendapatkan presentasi daripada suntikan untuk lansia, maka kita hari meluncurkan program Home Care dan Home Delivery," kata Ketua Umum KILLCOVID19, Adharta Ongkosaputra dalam acara tersebut.

Adharta menjelaskan, program ini akan menyediakan layanan vaksinasi dengan mendatangi langsung lokasi di mana lansia berada. 

Inisiasi program Home Delivery muncul dari kekhawatiran akan banyaknya lansia yang kesulitan mendatangi sentra vaksinasi. 

"Jadi tim Home Delivery kami akan menuju ke panti jompo, tempat-tempat yang ada orang tua, lalu kita menyuntikkan vaksin di sana," ucap Adharta. 

"Karena mereka masih belum mampu menuju ke sentra vaksinasi puskesmas atau rumah sakit sehingga kita akan jemput bola, kita akan kirim nakes menuju ke tempat para lansia," sambungnya. 

Baca Juga: Kendala Vaksin Warga Lanjut Usia & Perubahan Perilaku Prokes Warga – BERKAS KOMPAS (3)

Sementara untuk program Home Care, KILLCOVID19 akan memberikan layanan antarjemput lansia ke lokasi vaksinasi. 

"Home Care sebaliknya, kita menyediakan tim untuk menjemput. Jadi lansia bisa dikumpul ke RT, RW atau Kelurahan, Kecamatan, lalu kita jemput dibawa ke sentra vaksinasi terdekat atau rumah sakit," kata Adharta. 

Untuk melangsungkan programnya, KILLCOVID19 menyiapkan 100 bus untuk mengantarjemput para lansia yang ada di Jakarta. 

Hari ini, tiga bus telah dikerahkan untuk menjemput 66 lansia dari dua lokasi berbeda di Jabodetabek dan melakukan vaksinasi di RS Husada. 

Selain di Jabodetabek, relawan KILLCOVID19 juga tersebar di sejumlah kota besar lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Medan dan Surabaya. 

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Tunggu Kepastian Berangkat, Apakah Vaksin Sinovac Diterima Pemerintah Arab Saudi ?

Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI sekaligus Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di area lobi Rumah Sakit Husada. 

Airlangga memberikan apresiasi kepada KILLCOVID19 yang telah mendukung vaksinasi lansia melalu program tersebut. 

"Kita ketahui memang lansia ini sangat rentan terhadap Covid-19. Jadi program ini adalah program yang baik dan diapresiasi oleh pemerintah," kata Airlangga.

"Indonesia sendiri masuk 9 besar negara yang melakukan vaksinasi. Kita sudah melakukan vaksinasi sebanyak 17 juta dengan rata-rata vaksinasi per hari sekitar 500.000," lanjutnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x