Kompas TV regional berita daerah

Keindahan Masjid Agung Manonjaya, Sejarah Peninggalan Jaman Belanda di Tasikmalaya

Selasa, 20 April 2021 | 04:33 WIB

KOMPAS.TV - Bangunan Masjid Agung Manonjaya yang terletak di Jalan RTA Prawira Adiningrat, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan sejarah peninggalan jaman Belanda.

Masjid yang memiliki perpaduan arsitektur gaya Eropa, Jawa, dan Sunda ini di bangun pada tahun 1832.

Saat ini masjid bersejarah yang dibangun di atas luas tanah 6.159 meter persegi ini masih kokoh dan megah.

Masjid ini dibangun pada masa Bupati Tumenggung Daruningrat atau Wiradadaha VIII yang saat itu daerah Manonjaya masih menjadi ibu kota Sukapura.

Hingga kini masjid yang memiliki dua menara pelangan atau laki-laki dan menara pawadonan atau perempuan masih dijadikan sebagai pusat kegiatan umat islam.

Keunikan lainnya saat memasuki gerbang luar masjid, ada sekitar 51 tiang saka masjid dari total 61 tiang yang ada dengan diameter antara 50-80 sentimeter.

Tiang saka terbuat dari tembok berbentuk segi delapan hasil adaptasi arsitektur Neoclassic Eropa yang pada bagian bawah dan ada bagian atasnya diakhiri dengan kepala tiang berbentuk segi empat.

Atap masjid ini tidak menggunakan kubah seperti kebanyakan masjid lainnya, melainkan menggunakan atap tumpang tiga.

Sementara mustaka yang ada diatas menara masjid merupakan adaptasi dari elemen sakral bangunan hindu pra-islam di Jawa.

Jika di lihat dari luar, ada empat menara masjid berbentuk segi delapan yang berada di sisi kanan, kiri, dan dua di tengah yang dihias dengan enam buah jendela khas arsitektur Eropa.

Kemudian saat menngunjungi mihrab atau tempat imam pemimpin shalat berbentuk persegi panjang ukuran 6 meter dengan lebar 4 meter yang dihubungkan ke ruang shalat utama dengan tiga pintu besar tanpa daun pintu.

Ketiga pintu tersebut terbuat dari kayu jati yang berhiaskan kaligrafi.

Unsur seni bangunan lainnya, ruang shalat untuk perempuan  berada di sebelah selatan ruang shalat utama.

Ruangan itu berukuran lebih kecil, panjangnya 11,4 meter dan lebar 3,8 meter.

Selama bulan ramadan, keberaadan masjid tertua di wilayah Priangan Timur dijadikan pusat keagamaan, mulai dari sholat tarawih, tadarus, kuliah subuh hingga kuliah duhur, buka bersama dan tahun ini ada kegiatan forum komunikasi muslim Manonjaya yang di gelar di halaman masjid.

Tak hanya dijadikan tempat ibadah umat islam, keberdaan Masjid Agung Manonjaya ini banyak dikunjungi warga sekitar yang datang untuk ngabuburit atau menunggu waktu adzan magrib di areal halaman masjid.

Terlebih, keindahan Masjid Agung Manonjaya semakin lengkap dengan keberadaan alun-alun yang berada persis di bagian depan.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:17
20 TAHUN TERLIBAT PERANG DI AFGHANISTAN PASCATEROR WTC, AMERIKA SERIKAT MULAI MENARIK PASUKANNYA SECARA TOTAL   TIM PENYELAMAT MULAI MASUKI TAMBANG DI XINJIANG, TIONGKOK, UNTUK CARI 21 PEKERJA YANG TERJEBAK SEJAK 10 APRIL 2021    BMKG MEMPREDIKSI HUJAN RINGAN AKAN GUYUR WILAYAH DKI JAKARTA PADA MALAM HARI INI   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA MINTA MASYARAKAT YANG BERBELANJA DI PASAR TANAH ABANG TETAP MENAATI PROTOKOL KESEHATAN   POLDA METRO JAYA & TNI GELAR POSKO PENGAMANAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN DI PUSAT GROSIR PASAR TANAH ABANG, JAKPUS   JUBIR VAKSIN COVID-19: ACARA BUKA BERSAMA BERISIKO TINGGI MENULARKAN COVID-19, LEBIH BAIK DILAKUKAN VIRTUAL   KEMENKES KHAWATIR DENGAN KEMUNCULAN KLASTER COVID-19 AKIBAT ACARA BUKA BERSAMA DI PEKAN TERAKHIR RAMADAN   WAKIL KETUA KOMISI XI DPR AMIR USKARA NILAI MAYORITAS UMKM DI INDONESIA MASIH MENGHADAPI TANTANGAN AKIBAT PANDEMI   WAKIL KETUA MPR HIDAYAT NUR WAHID MINTA PEMERINTAH REALOKASI ANGGARAN THR PEJABAT AGAR THR ASN DIBERIKAN PENUH   KEMENHUB LIBATKAN PEMDA & PIHAK SWASTA UNTUK KEMBANGKAN PELABUHAN MALARKO DENGAN KONSESI 30 TAHUN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI AJAK PEMDA KEPRI BERPARTISIPASI KEMBANGKAN PELABUHAN MALARKO DI TANJUNG BALAI KARIMUN   KEMENTERIAN BUMN GANDENG 1.000 PESANTREN DI PULAU JAWA UNTUK BEKERJA SAMA DENGAN SEJUMLAH PERUSAHAAN PELAT MERAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SIAP BANTU AKSES MENDAPATKAN MODAL USAHA BAGI 1.000 PESANTREN DI JAWA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.452: 3.520 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 743 DALAM PERAWATAN