Kompas TV regional berita daerah

Polairud Polda Kalbar Amankan Ratusan Ton Rotan Ilegal yang akan Dikirim ke Malaysia

Kompas.tv - 20 April 2021, 08:01 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KETAPANG, KOMPAS.TV - Ini merupakan video milik Ditpolairud Polda Kalbar pada saat penangkapan kapal motor KLM Abna Jaya yang membawa  rotan ilegal. Penangkapan berlangsung pada Jumat, 9 April 2021, di Perairan Natai Kuini, Kendawangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Ditjen Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ton Rotan Mentah

Barang bukti sekitar 100 ton rotan yang rencananya akan dibawa ke Malaysia itu, saat ini diamankan di Polairud Polda Kalbar di Pontianak Barat, pada Jumat pagi.

Dua orang dijadikan tersangka, yaitu H-R warga Kalteng dan H warga Sulawesi Selatan yang diduga sebagai pemilik dan otak penyelundupan. Modus penyelundupan ini dengan memalsukan semua surat perjalanan mulai dari Kepala Desa sampai dengan syahbandar, lengkap dengan stempel setiap instansi.

Pihak kepolisian juga mengamankan surat-surat palsu, sejumlah stempel, telepon genggam, serta delapan paspor milik para ABK. Para tersangka dijerat dengan pasal berlapis, yaitu Undang-Undang no tujuh tahun 2014  tentang perdagangan dan PA 264 KUHP, dengan pidana 7 tahun dan denda 5 miliar rupiah.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.