Kompas TV regional berita daerah

Polairud Polda Kalbar Amankan Ratusan Ton Rotan Ilegal yang akan Dikirim ke Malaysia

Selasa, 20 April 2021 | 08:01 WIB

KETAPANG, KOMPAS.TV - Ini merupakan video milik Ditpolairud Polda Kalbar pada saat penangkapan kapal motor KLM Abna Jaya yang membawa  rotan ilegal. Penangkapan berlangsung pada Jumat, 9 April 2021, di Perairan Natai Kuini, Kendawangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Ditjen Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ton Rotan Mentah

Barang bukti sekitar 100 ton rotan yang rencananya akan dibawa ke Malaysia itu, saat ini diamankan di Polairud Polda Kalbar di Pontianak Barat, pada Jumat pagi.

Dua orang dijadikan tersangka, yaitu H-R warga Kalteng dan H warga Sulawesi Selatan yang diduga sebagai pemilik dan otak penyelundupan. Modus penyelundupan ini dengan memalsukan semua surat perjalanan mulai dari Kepala Desa sampai dengan syahbandar, lengkap dengan stempel setiap instansi.

Pihak kepolisian juga mengamankan surat-surat palsu, sejumlah stempel, telepon genggam, serta delapan paspor milik para ABK. Para tersangka dijerat dengan pasal berlapis, yaitu Undang-Undang no tujuh tahun 2014  tentang perdagangan dan PA 264 KUHP, dengan pidana 7 tahun dan denda 5 miliar rupiah.

Penulis : KompasTV Pontianak





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:56
MOTOGP STYRIA AKAN DIGELAR PADA 8 AGUSTUS 2021 TEPAT SEPEKAN SEBELUM MOTOGP AUSTRIA PADA 15 AGUSTUS 2021   MOTOGP 2021 BATAL BERLANGSUNG DI FINLANDIA KARENA PANDEMI DAN DIGANTIKAN OLEH MOTOGP STYRIA   SINGAPURA TERAPKAN "LOCKDOWN" PADA 16 MEI HINGGA PERTENGAHAN JUNI 2021   AS MULAI VAKSINASI ANAK USIA 12-15 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN PFIZER   SEBANYAK 21 KRU KAPAL NAVIGASI ADHARA YANG SANDAR DI PELABUHAN BINTAN POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KAPOLRES KEBUMEN AKBP PITER YANOTTAMA SEBUT KORBAN LEDAKAN PETASAN DI DESA NGABEAN MEMBUAT MERCON SAMBIL MEROKOK   POLRES KEBUMEN TEMUKAN UNSUR DUGAAN TINDAK PIDANA DALAM KASUS LEDAKAN PETASAN DI DESA NGABEAN   BPBD TANAH BUMBU, KALSEL: LEBIH DARI 2.500 RUMAH TANGGA DI TANAH BUMBU DAN HULU SUNGAI TENGAH TERDAMPAK BANJIR   OBYEK WISATA PANTAI DI PADANG DITUTUP SEMENTARA HINGGA 16 MEI 2021 GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   CANDI MUARO JAMBI DITUTUP SEMENTARA SAMPAI BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN   BUPATI NIAS BARAT KHENOKI WARUWU PASTIKAN TIDAK ADA KERUSAKAN AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,7   SAAT INI, PROGRES PEMBANGUNAN TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 1 SUDAH MENCAPAI 95,24%   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN UJI LAIK FUNGSI TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 1 PADA JUNI 2021   KASATGAS PENYELIDIK KPK HARUN AL RASYID SEBUT UKURAN PENILAIAN TWK TIDAK MASUK AKAL