Kompas TV nasional update corona

6 Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Didatangkan Lagi ke Indonesia

Minggu, 18 April 2021 | 13:49 WIB
6-juta-dosis-bahan-vaksin-sinovac-didatangkan-lagi-ke-indonesia
6 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia kembali menerima 6 juta dosis bahan baku vaksin atau bulk vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech, Cina, Minggu (18/4/2021). Bulk vaksin tersebut datang di Bandara Soekarno-Hatta siang ini menggunakan pesawat Garuda.

"Hari ini kita kedatangan 6 juta bulk vaksin dari Sinovac Cina. Kita sudah terima totalnya 59,5 juta bulk vaksin Sinovac, itu akan diproduksi menjadi sekitar 47 juta dosis," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Menkes Budi Gunadi Terkait Kedatangan 6 Juta Bulk Vaksin Sinovac

Dengan begitu, hingga hari ini Pemerintah Indonesia sudah menerima 59,5 juta dosis bulk vaksin dari total 140 juta dosis yang dipesan Indonesia ke Sinovac Biotech. Jutaan bulk vaksin tersebut nantinya akan dijadikan vaksin.

Hingga kini, Indonesia sudah memproduksi 22 juta dosis vaksin yang telah didistribusikan ke berbagai daerah. Dalam satu bulan ke depan, Indonesia akan kembali menerima sekitar 20 juta dosis vaksin. Sehingga besar harap, distribusi vaksin dari April hingga Mei mendatang dapat berjalan dengan lancar.

"Kita harapkan program vaksinasi bulan April dan Mei bisa berjalan dengan lancar dan baik," harapnya.

Kedatangan 6 juta vaksin hari ini merupakan kiriman tahap kedelapan. Sebelumnya, pada tahap ketujuh Maret lalu, sudah didatangkan sekitar 16 juta bulk vaksin Sinovac. Bulk vaksin yang baru datang ini kemudian akan dikirim ke Bio Farma, Bandung untuk diproduksi sebagai vaksin.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Opini

SAE Nababan, Gus Dur, dan Orde Baru

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:15
WHO IZINKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM UNTUK PENGGUNAAN DARURAT   LAMA TAK TERLIHAT DI DEPAN PUBLIK, PENDIRI ALIBABA DAN ANT GROUP JACK MA KUNJUNGI KANTORNYA DI HANGZHOU, TIONGKOK   KEMENAKER SIAP BUKA KEMBALI PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE TAIWAN SEMBARI PERHATIKAN ANGKA KASUS COVID-19   MENPERIN SEBUT HALAL MODERN VALLEY DI CIKANDE, BANTEN, JADI KLASTER INDUSTRI HALAL TERBESAR RI   LIBUR LEBARAN, PENYALURAN INSENTIF PRAKERJA DIHENTIKAN SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021   PLN PASTIKAN SISTEM KELISTRIKAN NTT SUDAH PULIH 100% SETELAH 4.002 GARDU YANG TERDAMPAK BADAI SEROJA DIPERBAIKI   PEMKAB JEMBER PERBOLEHKAN WARGA DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT ID DI MASJID/MUSHALA DENGAN KAPASITAS 50%   MANTAN JUBIR FPI SLAMET MAARIF JADI SAKSI KASUS BERITA BOHONG HASIL TES USAP RIZEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN DI JAKARTA SELATAN BUAT LINGKARAN KHUSUS UNTUK PIKNIK GUNA ANTISIPASI KERUMUNAN   MASJID ISTIQLAL JAKARTA BATAL GELAR SHALAT ID TAHUN INI KARENA MASIH PANDEMI KORONA   SAAT LIBUR LEBARAN 12-14 MEI 2021, MRT JAKARTA BEROPERASI PUKUL 06.00–21.00 WIB DENGAN JARAK ANTARKERETA 10 MENIT   DISHUB DKI JAKARTA SEBUT JAM OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM BERUBAH SELAMA LIBUR LEBARAN   KPK EKSEKUSI PENYUAP MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO, SUHARJITO, KE LAPAS CIBINONG, BOGOR   JADI TERSANGKA DUGAAN KORUPSI JUAL-BELI JABATAN, BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DITAHAN DI RUTAN BARESKRIM