Kompas TV religi beranda islami

Murottal Surat Al Baqarah 16-20

Sabtu, 17 April 2021 | 14:15 WIB

Surah al-Baqarah dijelaskan memiliki banyak keutamaan, utamanya dalam hadits-hadits shahih. Diantaranya adalah,

: :

Dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu anhu dia berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Bacalah surah al-Baqarah, karena sesungguhnya selalu menetapinya mendatangkan keberkahan, sedangkan meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan, dan para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya. [HR. Muslim no.804]

Yang dimaksud dengan selalu menetapi surah ini adalah merutinkan membacanya, memahami kandungan dan mengamalkannya (Faidhul Qadiir 2/63). Sedangkan Arti meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan adalah penyesalan dan kerugian karena luputnya pahala dan keutamaan yang agung dengan selalu menetapinya. Adapun makna 'para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya' yaitu mereka tidak akan mampu menghafal surah ini, atau mereka tidak akan mampu mengganggu orang yang selalu membacanya. (Tafsir Ibni Katsir 1/57).

Kemudian kata al-bathalah (para pelaku kebatilan atau kerusakan) dalam hadits ini artinya adalah para pelaku sihir, sebagaimana yang ditafsirkan oleh salah seorang rawi hadits ini, (Shahih Muslim 1/553). Dan penafsiran ini benar, karena mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat syirik dan kerusakan di muka bumi.

 

Wallahu'alam bis shawab

 

 

 

 

 

MABAR atau Mari Baca Quran adalah sebagai motivasi serta penyemangat Ramadan

 

Tayangan kerjasama Dompet Dhuafa dan Beranda Islami, Kompas TV.

 

Selamat menjalankan ibadah Shaum Ramadhan, Jangan Lupa bayar zakat ya.

 

Terus kalau mau zakat kemana? Mudah kok, di Dompet Dhuafa aja

 

https://donasi.dompetdhuafa.org/zakat/ Subscribe & aktifkan lonceng agar konten-konten kebaikan ini bisa terus bertumbuh.

 

Instagram: https://www.instagram.com/ddtvofficial/

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:45
HONG KONG TANGGUHKAN RENCANA PENERAPAN KEBIJAKAN TKA WAJIB VAKSIN COVID-19 JIKA INGIN KONTRAK KERJA DIPERPANJANG   AS BERENCANA KELUARKAN IZIN PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 BUATAN PFIZER UNTUK ANAK BERUSIA 12-15 TAHUN   GELEDAH BEKAS MARKAS FPI MAKASSAR DI JALAN SUNGAI LIMBOTO, DENSUS 88 TANGKAP 3 MANTAN PETINGGI FPI   DENSUS 88 GELEDAH BEKAS MARKAS FPI MAKASSAR DI JALAN SUNGAI LIMBOTO   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA PETUGAS KEAMANAN BERJAGA DI JALUR ALTERNATIF JELANG PENERAPAN LARANGAN MUDIK   JELANG PENERAPAN LARANGAN MUDIK, OPERASIONAL MAL DI SUMSEL DIBATASI HANYA BOLEH DIKUNJUNGI 50% DARI TOTAL KAPASITAS   OJK: UTANG MASYARAKAT LEWAT PINJAMAN DARING MENCAPAI RP 19 TRILIUN PER MARET 2021   CAMAT SUMBANG, BANYUMAS, JATENG: 33 ORANG POSITIF COVID-19 DARI KLASTER MUSHALA DESA KARANGCEGAK   PEMKOT BEKASI SIAPKAN STADION PATRIOT CANDRABHAGA SEBAGAI TEMPAT KARANTINA BAGI WARGA YANG NEKAT MUDIK   JASA MARGA PREDIKSI 138.000 KENDARAAN AKAN TINGGALKAN JABODETABEK HARI INI   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 77 POS PENGAMANAN SELAMA OPERASI KETUPAT JAYA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PEMPROV PERTIMBANGKAN USULAN PENUTUPAN OBYEK WISATA SAAT LIBUR LEBARAN   SATGAS COVID-19 WAJIBKAN WARGA DI ZONA MERAH-ORANYE SHALAT ID DI RUMAH   HASIL PENELITIAN SAMPEL PADA FEBRUARI-APRIL 2021, KEMENKES DETEKSI 17 KASUS VARIAN BARU COVID-19 DI INDONESIA