Kompas TV regional berita daerah

Tak Hanya Pratu Lukius, Jubir OPM Sebut Banyak Prajurit TNI yang Gabung dengan TPNPB sejak 1970

Sabtu, 17 April 2021 | 14:45 WIB
tak-hanya-pratu-lukius-jubir-opm-sebut-banyak-prajurit-tni-yang-gabung-dengan-tpnpb-sejak-1970
Pratu Lucky Matun atau Lukius, anggota TNI yang membelot untuk bergabung dengan OPM. (Sumber: Istimewa via Tribunnews)

PAPUA, KOMPAS.TV- Pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah memburu salah satu anggotanya yakni Pratu Lucky Y Matuan alias Lukius yang membelot ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Ternyata, bukan kali ini saja personel TNI memilih bergabung dengan kelompok separatis yang berada di Bumi Cenderawasih tersebut.

Hal ini seperti yang disampaikan Juru Bicara Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sembon yang mengklaim bukan kali pertama seorang prajurit TNI bergabung dengan OPM.

Baca Juga: Pratu Lukius, Tentara Desersi dan Pengkhianat yang Jadi Buruan Utama TNI Gara-Gara Gabung KKB Papua

“Bukan pertama, dulu-dulu juga ada yang bergabung. Tahun 1970-an, 1980-an banyak yang bergabung ke TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat),” ungkap Sebby, Jumat (16/4/2021).

Termasuk kata Sebby, deklarator 1 Juli 1971 yakni Seth Jafet Rumkorem yang merupakan mantan anggota Kostrad juga bergabung ke kelompoknya.

“Elieser Awom dari Brimob Kotaraja Papua di Tahun 1980-an, Surabut dari Batalyon 753 Arfai Manokwari tahun 1990-an,” jelasnya.

Penulis : Gading Persada | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Murottal Surat Al Baqarah 16-20

Sabtu, 17 April 2021 | 14:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:48
SPANYOL TAWARKAN STADION LA CARTUJA, KANDANG SEVILLA, SEBAGAI ALTERNATIF PENYELENGGARAAN EURO 2020   UEFA TUNGGU KEPASTIAN 3 KOTA YAKNI BILBAO, MUENCHEN, DAN DUBLIN SOAL PENYELENGGARAAN EURO 2020   ITALIA IZINKAN KEHADIRAN HINGGA 1.000 PENONTON PADA KEGIATAN-KEGIATAN YANG DIGELAR DI LUAR RUANGAN MULAI 1 MEI 2021   OLIMPIADE TOKYO TERANCAM DITUNDA BAHKAN DIBATALKAN JIKA KASUS COVID-19 DI JEPANG TERUS MENINGKAT JELANG PEMBUKAAN   RUSIA BAKAL MENGUSIR 10 DIPLOMAT AS DARI NEGARANYA ATAS TINDAKAN AS YANG MENGUSIR 10 DIPLOMAT RUSIA LEBIH DULU   NATO KEBERATAN ATAS RENCANA RUSIA UNTUK BLOKIR SEBAGIAN LAUT HITAM BAGI PELAYARAN MILITER DAN NEGARA-NEGARA ASING   NASA TELAH MEMILIH ROKET STARSHIP BUATAN SPACEX UNTUK KEMBALI MENDARATKAN ASTRONOT DI BULAN   PEMPROV NTT MINTA LIPI LAKUKAN RISET ATAS MUNCULNYA PULAU BARU DI ROTE NDAO PASCABADAI SEROJA   DINKES TULUNGAGUNG, JATIM, TEMUKAN MAKANAN-MINUMAN TAKJIL MENGANDUNG BAHAN BERBAHAYA DI PASAR RAMADAN   MULAI 29 APRIL 2021, LAYANAN TES GENOSE TERSEDIA DI BANDARA ADI SOEMARMO BOYOLALI, TARIF RP 40.000 PER ORANG   BPOM: DIHARAPKAN VAKSIN MERAH PUTIH BISA DIPRODUKSI MASSAL PADA AWAL 2022   BPOM: UJI KLINIS VAKSIN NUSANTARA BELUM BISA DILANJUTKAN KE FASE KEDUA   KOMISI IX DPR AKAN PANGGIL BPOM YANG MASIH MENGIZINKAN VAKSIN ASTRAZENECA UNTUK DIGUNAKAN DI INDONESIA   RIDWAN ARBIAN SYAH JADI DIREKTUR SDM PEGADAIAN GANTIKAN MOHAMMAD EDI ISDWIARTO