Kompas TV internasional kompas dunia

Kuba Segera Punya Pemimpin Baru, Raul Castro Serahkan Kekuasaan kepada Miguel Diaz-Canel Hari Senin

Sabtu, 17 April 2021 | 01:06 WIB
kuba-segera-punya-pemimpin-baru-raul-castro-serahkan-kekuasaan-kepada-miguel-diaz-canel-hari-senin
Raul Castro, sekretaris pertama Partai Komunis dan mantan presiden, melambai kepada anggota di sesi pembukaan Kongres VIII Partai Komunis Kuba, ketika Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel, kanan, bertepuk tangan di Convention Palace, di Havana, Kuba, Jumat, 16 April 2021. (Sumber: Ariel Ley Royero/ACN via AP)

HAVANA, KOMPAS.TV - Partai Komunis Kuba (PCC) membuka kongres bersejarah selama empat hari pada Jumat, (14/4/2021) untuk menandai penyerahan kekuasaan negara itu kepada generasi muda setelah enam dekade di tangan Castro bersaudara, yaitu Fidel Castro dan Raul Castro. 

Kendali negara akan diberikan dari Raul Castro (89) kepada Miguel Diaz-Canel, yang telah menjabat sebagai presiden Kuba sejak 2018, ketika Castro melepaskan bagian dari portofolio eksekutifnya, seperti dilansir dari France24, Jumat (16/4/2021).

Selain kursi kepresidenan, Diaz-Canel yang berusia 60 tahun sekarang juga akan memegang posisi paling kuat di negara itu - sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba, sebuah jabatan yang sebelumnya hanya dipegang oleh Castro dan saudaranya, pemimpin revolusioner Fidel, yang meninggal tahun 2016.

Dalam tweet Jumat, Diaz-Canel mengatakan kongres akan menjadi forum di mana ide-ide tertanam, sejarah diakui dan masa depan dibahas.

Namun dia menggarisbawahi akan ada "kontinuitas" sebagai salah satu dari lima negara komunis terakhir di dunia menangani masa depan. Sebelum Raul Castro, Fidel memerintah Kuba selama hampir setengah abad dari 1959 hingga 2006, ketika dia jatuh sakit. Fidel masih dihormati secara luas sebagai ayah dan penyelamat negara.

Baca Juga: Donald Trump Kaji Kembali Hubungan Kerjasama dengan Kuba

Dalam file foto Rabu 26 Juli 1961 ini, pemimpin Kuba Fidel Castro, kiri, seorang perokok cerutu biasa, membuka sekotak rokok Rusia sambil duduk di samping spaceman Rusia Yuri Gagarin pada resepsi selama perayaan empat hari di Kedutaan Besar Rusia di Havana. (Sumber: AP Photo/File)

Pemimpin Sipil Pertama

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:24
ARUS BALIK LEBARAN, PT ANGKASA PURA II KLAIM BELUM ADA KENAIKAN PENUMPANG DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   ARUS BALIK LEBARAN, WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI: JANGAN SAMPAI YANG MUDIK RUGIKAN WARGA YANG MENETAP    WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI DUKUNG UPAYA TES ANTIGEN SEBAGAI "SCREENING" PEMUDIK YANG KEMBALI KE JAKARTA   BNN SUMUT MINTA BANTUAN DITRESNARKOBA POLDA SUMUT CARI LIMA TAHANAN NARKOBA YANG KABUR   PEMKAB PURBALINGGA PASTIKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI OBYEK WISATA   SATGAS COVID-19 LAMPUNG SIAPKAN 6 POS PENYEKATAN ARUS BALIK GUNA ANTISIPASI MOBILITAS MASYARAKAT   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MINTA ADA SOP YANG LINDUNGI RAKYAT SOAL TES ANTIGEN   PEMPROV DKI JAKARTA SIAPKAN 31.000 TES ANTIGEN DI POS PENYEKATAN ARUS BALIK   GUBERNUR KEPULAUAN RIAU MINTA MASYARAKAT TIDAK APATIS TERHADAP COVID-19   POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN POS PENYEKATAN ARUS BALIK HINGGA 24 MEI 2021   POLDA METRO JAYA BERSAMA PEMPROV DKI DAN KODAM JAYA BENTUK TIM UNTUK PERIKSA KEASLIAN SURAT BEBAS COVID-19    KETUA DPD INGIN EKSPOR PRODUK PAKAIAN MENINGKAT SEIRING DENGAN PERMINTAAN PASAR DOMESTIK YANG JUGA NAIK    MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY NILAI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENIADAAN MUDIK LEBARAN 2021 BERJALAN CUKUP BAIK   KEMENTERIAN SOSIAL AKAN BUAT 490 ALAT BANTU UNTUK MOBILITAS DISABILITAS