Kompas TV nasional peristiwa

Muncul Deklarasi Dukung Budi Gunawan Gantikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Kompas.tv - 16 April 2021, 11:00 WIB
muncul-deklarasi-dukung-budi-gunawan-gantikan-ketua-umum-pdip-megawati-soekarnoputri
Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan. (Sumber: TRIBUNNEWS.com/HERUDIN)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA,KOMPAS.TV-  Kepemimpinan Megawati Soekarnputri di PDI Perjuangan berdasarkan kongres PDIP  Bali 2019 ditetapkan hingga 2024.

Namun sudah ada tokoh yang digadang-gadang bakal menggantikan Megawati. Salah satu nama yang muncul ialah Kepala Badan Inteligent Negara (BIN) Budi Gunawan.

Organisasi yang mendukung Budi Gunawan untuk menggantikan Megawati ialah Persatuan Aktivis Pemuda Indonesia (PAPI). Organisasi ini bakal mendeklarasikan dukungan kepada Budi Gunawan,pada Sabtu (17/4) besok.

“Betul kami menggagas pak Budi Gunawan untuk menjadi ketua umum PDIP,” kata Koordinator PAPI Ahmad Donny yang dihubungi KOMPAS TV, Jumat (16/4).

Dalam undangan deklarasi dukungan, PAPI menyebutkan dukungan kepada Megawati diberikan karena Megawati Soekarnoputri sudah bersikap legowo sebagai ketua umum PDIP dan menjelang pemilihan presiden 2024.

Selain mendukung Budi Gunawan sebagai ketua umum PDIP, menurut Ahmad Donny, PAPI juga bakal mendeklarsikan dukungan kepada Budi untuk menjadi calon presiden pada 2024 mendatang.

Lantas apa kaitan PAPI dengan PDIP sehingga ikut dukung mendukung dalam suksesi kepemimpinan di partai berlambang kepala banteng tersebut? Ahmad Donny menyatakan PAPI tidak memiliki keterkaitan dengan PDI Perjuangan dan juga bukan merupakan underbouw parta tersebut.

Dukungan diberikan, hanya karena PAPI merasa Budi Gunawan pantas untuk menjadi pemimpin partai pemenang pemilu 2019 itu. “Kan kami dengar ada dua calon yang mengemuka menggantikan Megawati Soekarnoputri yaitu pak Joko Widodo dan pak Budi Gunawan, nah kami mendukung Budi Gunawan,” paparnya.

Ahmad Donny menegaskan PAPI bukanlah organisasi yang baru dibentuk sekadar untuk mempromosikan Budi Gunawan. Dia mengatakan PAPI sudah dibentuk sejak 2020, dan telah terlibat dalam sejumlah kegiatan sosial politik tanah air.

“Misalnya kami juga ikut demo omnimbus law waktu itu,” ujarnya.

Hanya saja pada 2021 ini,PAPI mulai melihat kualitas Budi Gunawan sebagai sosok yang tepat memimpin PDIP dan memimpin bangsa. “Kita mulai menemukan arah kita.,” paparnya.

Sebagai keseriusan untuk mempromosikan nama Budi GUnawan, menurut Ahmad Donny, pihaknya juga sudah membuka komunikasi dengan kader-kader PDIP.

Menurutnya, meski bukan kader PDIP, namun  dia yakin Budi Gunawan justru bakal memberikan warna baru kepada PDIP ketimbang kader-kader lama.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x