Kompas TV religi beranda islami

Nikmat Sehat

Kompas.tv - 16 April 2021, 10:09 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Sehat bagi orang bertakwa lebih baik daripada kaya harta. Karena kata para ulama bahwa sehatnya jasad bisa menolong dalam beribadah. Jadi sehat sungguh merupakan nikmat yang luar biasa.

Sedangkan orang yang sudah tua renta dan kepayahan akan menghalanginya dari ibadah, walaupun ia kaya raya.  

Jadi sehat itu lebih baik dari kaya karena orang yang kaya sedangkan ia dalam keadaan lemah (sudah termakan usia) tidak jauh beda dengan mayit.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani)

Rajin bersyukurlah pada Allah tatkala diberi kesehatan walaupun mungkin harta kita pas-pasan. Rajin-rajinlah bersyukur dan gemarlah melakukan ketaatan serta ibadah yang wajib, maka niscaya Allah akan beri kenikmatan yang lainnya.

Syukurilah nikmat sehat sebelum datang sakit.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum masa tuamu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok, 4/341, dari Ibnu ‘Abbas. Hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim)


Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x