Kompas TV religi beranda islami

Nikmat Sehat

Jumat, 16 April 2021 | 10:09 WIB

Sehat bagi orang bertakwa lebih baik daripada kaya harta. Karena kata para ulama bahwa sehatnya jasad bisa menolong dalam beribadah. Jadi sehat sungguh merupakan nikmat yang luar biasa.

Sedangkan orang yang sudah tua renta dan kepayahan akan menghalanginya dari ibadah, walaupun ia kaya raya.  

Jadi sehat itu lebih baik dari kaya karena orang yang kaya sedangkan ia dalam keadaan lemah (sudah termakan usia) tidak jauh beda dengan mayit.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani)

Rajin bersyukurlah pada Allah tatkala diberi kesehatan walaupun mungkin harta kita pas-pasan. Rajin-rajinlah bersyukur dan gemarlah melakukan ketaatan serta ibadah yang wajib, maka niscaya Allah akan beri kenikmatan yang lainnya.

Syukurilah nikmat sehat sebelum datang sakit.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum masa tuamu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok, 4/341, dari Ibnu ‘Abbas. Hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim)


Wallahu'alam bis shawab

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:14
DISNAKERTRANS JATENG TERIMA ADUAN KARYAWAN DARI 54 PERUSAHAAN TERKAIT PEMBAYARAN THR   DITJEN DIKTI KEMENDIKBUD: INDONESIA BARU MEMILIKI 2.671 INSINYUR PER 1 JUTA PENDUDUK   INDONESIA TELAH MENERIMA 1 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 SINOPHARM, SETENGAHNYA DONASI DARI UNI EMIRAT ARAB   SOPIR "DUMP TRUK" YANG MENABRAK 3 PENGENDARA MOTOR DI MAUMERE, NTT, MENINGGAL DUNIA AKIBAT DIAMUK MASSA   PROVINSI NTT CATAT REKOR TERTINGGI HARIAN WARGA MENINGGAL AKIBAT COVID-19 DENGAN 17 KASUS, TOTAL 422 ORANG   PT BTN BERI AKSES KREDIT KPR KE 1,6 JUTA SATPAM YANG TERGABUNG DI ASOSIASI BADAN USAHA JASA PENGAMANAN INDONESIA   PEMERINTAH KAJI KENAIKAN PLAFON KUR LEWAT SKEMA KHUSUS DARI RP 500 JUTA MENJADI RP 20 M   PHRI: 85% HOTEL DI KABUPATEN BOGOR SUDAH TERSERTIFIKASI PROTOKOL KESEHATAN CHSE   PT TOTAL OIL INDONESIA TUTUP SEMUA SPBU-NYA DI JABODETABEK DAN BANDUNG   SEBANYAK 17 KENDARAAN ASAL JATIM YANG MASUK KE BLORA, JATENG, DIPUTAR BALIK PADA HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK   POLDA JABAR: 5.000 KENDARAAN DIPUTAR BALIK DI HARI PERTAMA KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   POLISI TANGKAP 14 TRAVEL GELAP YANG NEKAT ANGKUT PEMUDIK DI WILAYAH KOTA BEKASI   SATGAS COVID-19 MINTA PERUSAHAAN ANGKUTAN UMUM KEMBALIKAN PEMUDIK YANG NEKAT KE TEMPAT ASALNYA   ANGGOTA KOMISI I DPR BOBBY RIZALDI MENILAI PELABELAN TERORIS TERHADAP KKB TAK AKAN BERMASALAH DI DUNIA INTERNASIONAL