Kompas TV bisnis kebijakan

Dorong Event Segera Dibuka, Sandiaga Uno: Efek Penciptaan Lapangan Kerja Besar

Kompas.tv - 15 April 2021, 20:51 WIB
dorong-event-segera-dibuka-sandiaga-uno-efek-penciptaan-lapangan-kerja-besar
Menparekraf Sandiaga Uno saat memimpin rapat virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia, Sabtu (26/12/2020). (Sumber: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berupaya untuk acara atau event dapat diselenggarakan kembali.

Adapun syaratnya yakni adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Hal ini ia sampaikan melalui unggahan video di akun Instagram miliknya @sandiuno, Kamis (14/4/2021).

"Inilah alasan mengapa saya mendorong agar event segera dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tulis Sandiaga dalam keterangan unggahan tersebut.

"Efek penciptaan lapangan kerjanya begitu besar. Mulai dari event organizer, pengisi acara hingga UMKM-UMKM di sekitar venue," lanjutnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Larangan Mudik akan Tingkatkan Kunjungan Pariwisata Lokal

Sandi mengatakan adanya penyelenggaraan event di daerah dapat membangkitkan jumlah wisatawan di daerah tersebut.

"Kemarin saya bikin event di Danau Toba jumlah kunjungan wisatawan itu meningkat jadi ada dampak yang baik bagi destinasi tersebut tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," jelasnya.

Ia mengungkapkan dalam membuat event maka akan menghidupkan kembali promotor, produser, sampai ke yang terbawah sekalipun, termasuk UMKM-UMKM.

Sehingga ada dampak secara langsung dan tidak langsung kepada ekonomi daerah yang sudah satu tahun mati suri.

Sandi mengaku kini pihaknya tengah melakukan pendekatan big data, yakni terkait event-event yang sekarang harus beradaptasi dengan keadaan pandemi ini bisa dieksekusi.

"Jadi mulai dari peserta, pengunjung, masyarakat ini akan kita data dan akan kita minta pendapat mereka bagaimana kita membangkitkan kepercayaan diri mereka," tegasnya.

Sehingga, kata Sandi ini bisa menjadi bahan penyusunan strategi untuk pengembangan event dan pariwisata di daerah.

“Misalkan di Danau Toba bisa, kenapa tidak dicoba di Borobudur dengan penyesuaian kearifan lokal. Selama ini tidak ada ketidapastian mengenai penyelenggaraan event, boleh enggak sih? Izinnya gimana?"

"Tapi selama mematuhi protokol kesehatan, berkoordinasi dengan aparat setempat, dan melihat angka Covid-19 di wilayah tersebut praktis itu bisa dilakukan,” jelas Sandi.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Sandiaga Uno: Agar Sektor Pariwisata Cepat Pulih dan Bangkit

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x