Kompas TV nasional sosial

Masa Jabatannya Akan Berakhir, Anies Baswedan Fokus Tuntaskan Masalah Kesejahteraan Rakyat

Kompas.tv - 15 April 2021, 19:10 WIB
masa-jabatannya-akan-berakhir-anies-baswedan-fokus-tuntaskan-masalah-kesejahteraan-rakyat
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021.
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Melalui akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pekerjaan rumah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang belum terselesaikan adalah penuntasan program-program sosial kemasyarakatan.
 
"Kita mengalami kontraksi ekonomi akibat pandemi, masalah kesejahteraan rakyat (kesra) skalanya juga membesar," tulis Anies di akun Instagramnya saat membuka Musrenbang Pemprov DKI Jakarta Tahun 2021, Rabu (14/4/2021).

Anies berjanji, pada tahun 2022 dirinya akan lebih serius menuntaskan program-program yg berkaitan kesra langsung, khususnya di aspek kesehatan, pendidikan dan UMKM.

Baca Juga: Anies Ingatkan Masyarakat Kisah Perang Uhud Terkait Covid-19, Maksudnya Apa?

Kata Anies Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun ini lebih dia tekankan untuk menunaikan janjinya dalam (RPJMD) yang disusun selama masa jabatannya 2017-2022.

"Musrenbang tahun ini untuk merencanakan kerja kita di 2022, maka harus fokus untuk menunaikan agenda yang telah menjadi komitmen kita pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2017-2022," kata Anies.

Ia memerintahkan Bappeda DKI Jakarta untuk menyisir semua program RPJMD yang telah diturunkan menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD).

"Memastikan pada tahun 2022 nanti semua rencana tersebut bisa ditunaikan tuntas," tulis Anies.

Untuk diketahui, tahun 2022 adalah tahun terakhir Anies memimpin DKI Jakarta untuk periode pertama.

Baca Juga: BPK Temukan Kejanggalan Pembelian Alat Damkar DKI Jakarta, Rugikan Kas Daerah Rp6,52 Miliar

Kendati demikian, Anies mengatakan tantangan yang dihadapi Jakarta tidak sederhana. Menurutnya, butuh gotong royong dan pembangunan yang kolaboratif untuk menyelesaikan problem Jakarta.

"Karena pelaku pembangunan di Jakarta bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga dari pihak swasta dan unsur masyarakat," katanya.

Diakhir, Anies menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang yang menyumbangkan pikirannya untuk terlibat langsung di dalam kegiatan Musrenbang.

"Semua masukan menjadi catatan kita, harapannya nanti Bappeda dan seluruh jajaran menampung aspirasi menjadi bahan penyusunan rencana kerja kita di 2022," tutup Anis, dalam kesempatannya membuka Musrenbang Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021, Rabu (14/4/2021).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x