Kompas TV cerita ramadan cerita

Kisah Mohammad Hatta, Sahur dengan Telur Jelang Proklamasi Kemerdekaan

Kamis, 15 April 2021 | 04:00 WIB
kisah-mohammad-hatta-sahur-dengan-telur-jelang-proklamasi-kemerdekaan
Wakil Presiden Pertama Mohammad Hatta (Sumber: Kompas.com-)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bertepatan dengan Bulan Puasa. Banyak kisah yang menyertai jelang pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno-Hatta tersebut, seperti penculikan oleh para pemuda hingga rapat persiapan sampai dini hari.

Wakil Presiden Mohammad Hatta berkisah, usai rapat bersama di rumah Admiral Maeda, mereka bubar pada pukul 03.00 jelang makan sahur. 

"Waktu itu bulan puasa. Sebelum pulang, aku masih dapat makan sahur di rumah Admiral Maeda. Karena tidak ada nasi, yang kumakan ialah roti, telur, dan ikan sardin, tetapi cukup mengenyangkan," kata Hatta dalam bukunya Menuju Gerbang Kemerdekaan yang diterbitkan oleh Peneribit Buku Kompas, Tahun 2011.

Setelah makan sahur, Soekarno dan Hatta pamit pulang. 

Baca Juga: Detik–Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Di Lantmal VI, Empat Kapal Perang Meraung Bersama

"Aku baru tidur sesudah sembahyang subuh dan bangun kira-kira pukul 08.30. Setelah mandi dan bercukur, aku bersiap-siap untuk berangkat ke Pegangsaan Timur 56 guna menghadiri pembacaan teks Proklamasi kepada rakyat banyak serta menaikkan bendera Sang Merah Putih, yang akan dikunci dengan lagu Indonesia Raya", kata Hatta.

Hatta berangkat dari rumah kira-kira pukul 10 kurang 10 menit. Itu karena rumah Hatta dekat dengan lokasi pembacaan teks Proklamasi, dan tentu saja karena belum ada kemacetan.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:42
KEMENDESA PDTT HARAP BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) JADI INSTRUMEN PERTUMBUHAN EKONOMI DESA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN WARGA TAATI PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERZIARAH   KAPOLDA PAPUA PASTIKAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KKB DILAKUKAN SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO AKAN JATUHKAN SANKSI TERHADAP 134 ASN YANG DIDUGA MELANGGAR ATURAN MUDIK LEBARAN   RSKI PULAU GALANG KINI HANYA LAYANI PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG POSITIF COVID-19 SAAT PULANG KE TANAH AIR   GUBERNUR GORONTALO RUSLI HABIBIE APRESIASI WARGA YANG TAAT ATURAN MUDIK LEBARAN   JAGA PEMULIHAN EKONOMI TERUS BERLANJUT, PEMERINTAH ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 PASCALIBUR LEBARAN 2021   PEMPROV SUMATERA SELATAN PERPANJANG MASA PENYEKATAN ARUS MUDIK HINGGA 31 MEI 2021   POLDA SUMATERA UTARA LANJUTKAN PENYEKATAN KENDARAAN HINGGA 24 MEI 2021    KETUA SATGAS: MASYARAKAT BARU BISA MERASA NYAMAN APABILA KASUS PENULARAN COVID-19 DAPAT TERUS TERKENDALI    KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19    DINAS PERHUBUNGAN DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   MENSOS SEGERA MINTA ARAHAN PRESIDEN JOKOWI UNTUK MASUKKAN BNPB DALAM RUU PENANGGULANGAN BENCANA    ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, PEMKOT TANGERANG SIAPKAN ENAM RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)