Kompas TV nasional update

BMKG Peringatkan Warga di Wilayah Indonesia Timur untuk Waspada Dampak Siklon Surigae

Kompas.tv - 14 April 2021, 20:20 WIB

KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai bibit siklon tropis surigae yang akan melanda wilayah Bagian Timur Indonesia, selama 2 hari ke depan.

BMKG memperkirakan, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara, gelombang tinggi 2 hingga 4 meter diprediksi terjadi di Perairan Utara Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo.

Nelayan diimbau tidak melaut.

BMKG mengungkapkan saat ini bibit siklon tropis di utara Papua telah berkembang menjadi siklon tropis 'Surigae'. Siklon tropis ini bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

Penamaan siklon atau badai tropis Surigae ini dilakukan oleh Japan Meteorogical Agency (JMA), termasuk analisis dan pergerakannya. Sebelumnya bibit siklon ini bernama 94W.

"Akibatnya, saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah utara Sulawesi dan sekitarnya berkisar 8-20 knot," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Siklon Surigae ini juga menyebabkan gelombang tinggi dan cuaca ekstrem.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x