Kompas TV klik360 cerita indonesia

Surat Edaran THR dari Kemnaker, Membuat Buruh Kecewa, Ini Jadwal Pembayaran THR

Senin, 12 April 2021 | 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, telah mengeluarkan surat edaran tunjangan hari raya (THR) 2021, termasuk jadwal pembayaran THR.

Surat edaran ini mewajibkan perusahaan membayar THR sesuai dengan perundang-undangan paling lambat sehari sebelum hari raya.

Menaker juga meminta kepada para kepala daerah untuk, memastikan perusahaan membayar THR 2021 kepada para pekerja, sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk perusahaan yang terdampak pandemi dan tidak mampu membayarkan THR sesuai waktu yang ditentukan, agar dapat berdialog dengan buruh atau pekerjanya.

Karena keputusan tersebut, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia, Mirah Sumirat, mengaku kecewa dengan keputusan Kemnaker tersebut.

Surat edaran dapat menjadi tameng bagi para pengusaha untuk menghindari kewajiban mereka membayar THR secara penuh dan mereka dapat berlindung di balik surat edaran.

Oleh karena itu, Mirah Sumirat kembali menegaskan, bahwa seharusnya keputusan terkait THR tetap mengikat pada Undang Undang, bukan surat edaran.

Editor: Faqih F

Penulis : Angela Winda





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:52
OMBUDSMAN SARANKAN KEMENSETNEG BENTUK BADAN PENGELOLAAN YANG KHUSUS MENGURUSI TMII SECARA PROFESIONAL   KETUA KOMISI IX DPR FELLY ESTELITA: DPR DUKUNG SETIAP RENCANA PEMERINTAH DAPATKAN VAKSIN COVID-19   MENTERI PPN HARAP PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN IBU KOTA NEGARA BARU DAPAT DILAKSANAKAN SAAT RAMADAN INI   KEMENTERIAN AGAMA BOLEHKAN BUKA PUASA BERSAMA 50 PERSEN DARI KAPASITAS RUANGAN   KEMENTERIAN AGAMA GELAR SIDANG ISBAT 1 RAMADAN SECARA DARING DAN LUAR JARINGAN    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: PEMBENTUKAN SATGAS PENANGANAN HAK TAGIH BLBI, BURU KERUGIAN NEGARA RP 108 TRILIUN   OPERASI KESELAMATAN JAYA 2021, POLDA METRO JAYA AKAN TINDAK BALAPAN LIAR DAN "SAHUR ON THE ROAD"   POLISI GENCARKAN LARANGAN MUDIK AWAL MEI, PENGENDARA YANG NEKAT DIMINTA PUTAR BALIK   POLISI AKAN TINDAK SOPIR TRAVEL DAN TRUK YANG NEKAT MEMBAWA PENUMPANG UNTUK MUDIK LEBARAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA KESELAMATAN KORBAN BENCANA GEMPA DI MALANG JADI PRIORITAS   GEMPA MALANG, MENSOS SALURKAN 3 TRUK LOGISTIK, DIRIKAN POSKO PENGUNGSIAN, DAN DAPUR UMUM   MENSOS TRI RISMAHARINI BERI SANTUANAN RP 120 JUTA UNTUK 8 AHLI WARIS KORBAN YANG MENINGGAL AKIBAT GEMPA MALANG   PP MUHAMMADIYAH IMBAU MASYARAKAT SHALAT TARAWIH DI RUMAH JIKA DAERAHNYA MASIH ADA PENULARAN COVID-19    KEMENTERIAN PPPA DORONG SATUAN PENDIDIKAN SEMAKIN RAMAH TERHADAP ANAK DAN REMAJA