Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Digosipkan Meninggal Dunia, Ini Kabar Terbaru dari Staf Terdekat

Kompas.tv - 11 April 2021, 18:13 WIB
presiden-filipina-rodrigo-duterte-digosipkan-meninggal-dunia-ini-kabar-terbaru-dari-staf-terdekat
Presiden Filipina Rodrigo Duterte sudah hampir dua minggu tidak tampil di depan umum, memicu spekulasi bahwa dia telah meninggal. (Sumber: INQUIRER via Tribunnews.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MANILA, KOMPAS.TV - Presiden Filipina Rodrigo Duterte sudah hampir dua minggu tidak tampil di depan umum, memicu spekulasi bahwa kesehatannya menurun, bahkan ada yang mengklaim dia telah meninggal.

Seperti dilansir Straits Times, Minggu (11/04/2021), para pembantunya dan beberapa sumber membantah desas-desus yang menyebut Duterte menderita stroke ringan dan dibawa ke Singapura di mana dia dikabarkan meninggal, dan yang lainnya adalah tentang rencana yang sedang disusun untuk sebuah junta militer memerintah di Filipina.

Menambahkan wangi dupa sehingga kabut desas-desus makin pekat adalah kabar dimana putrinya, Wali Kota Davao Sara Duterte-Carpio, terbang ke Singapura minggu lalu.

Senator Christopher Go, ajudan dan kepercayaan terdekat Duterte, mem-posting foto dan klip pendek yang menunjukkan dirinya dan Duterte dalam keadaan sehat walafiat dan Duterte sedang bekerja di kantornya di Manila.

Baca Juga: Duterte: Amerika Serikat Mau Tetap Punya Pasukan Militer di Filipina? Bayar!

 

Nandito lang si Tatay Digong!!! Ang taong totoong Nagmamahal at NagMamalasakit sa ating mga kapwa Pilipino!! Di Plastic....

Posted by Christopher Bong Go on Saturday, April 10, 2021

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami sedang bersama dan dia terus bekerja," kata Christopher Go.

Foto-foto Rodrigo Duterte berjalan serta duduk di atas sepeda motor yang diambil oleh Christopher Go dibagikan di media sosial pada Sabtu (10/04/2021).

Juru bicaranya Harry Roque mengatakan Presiden akan berpidato di hadapan bangsa pada hari Senin (12/04/2021). Sumber lain juga mengatakan kepada The Straits Times, Duterte tidak pernah berada di Singapura, apalagi meninggal di sana.

Tetapi foto-foto yang menunjukkan "bukti kehidupan" dan jaminan dari para pembantu dan menterinya gagal untuk meredam desas-desus yang terus berlanjut bahwa kesehatannya mungkin menurun.

Terakhir kali Duterte terlihat di depan umum adalah pada 29 Maret, ketika dia menerima pengiriman satu juta dosis vaksin yang dibuat oleh perusahaan China, Sinovac.

Dia kemudian pergi absen untuk Pekan Suci.

Baca Juga: Filipina Tuduh China Ingin Caplok Wilayah Kekuasaan Lebih Banyak di Laut China Selatan

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam sebuah rapat di Istana Kepresidenan Malacanang di Manila, Filipina, Senin (19/10). (Sumber: AP Photo / Malacanang Presidential Photographers Division)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x