Kompas TV cerita ramadan tradisi

Pandemi Belum Usai, Tradisi Balimau di Sumatera Barat Dilarang

Minggu, 11 April 2021 | 17:15 WIB
pandemi-belum-usai-tradisi-balimau-di-sumatera-barat-dilarang
Ilustrasi tradisi Balimau di Sumatera Barat (Sumber: Kompasiana)

PADANG, KOMPAS.TV - Demi menekan pertumbuhan kasus Covid-19, masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) dilarang menggelar tradisi Balimau jelang bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Tradisi mandi menggunakan jeruk nipis di kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau tersebut, dikhawatirkan dapat memicu kerumunan.

"Bapak Kapolda Sumbar mengharapkan untuk tidak ada keramaian, jadi untuk sifatnya seperti itu (balimau) diimbau untuk tidak melakukannya di tempat pemandian umum. Silakan kalau ada kegiatan itu di rumah saja," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga: Apa Itu Hilal yang Digunakan Untuk Menentukan Awal Ramadhan?

Sebagai upaya antisipasinya, kata Stefanus, petugas akan dikerahkan untuk berjaga di beberapa tempat yang sering menjadi langganan penyelenggaraan tradisi Balimau.

Sejumlah lokasi seperti Sungai Lubuk Minturun, Sungai Tarusan, Pesisir Selatan dan lainnya, diprediksi akan menjadi tempat pelaksanaan tradisi Balimau pada Senin (12/4/2021).

“Nanti akan dijaga oleh petugas di lokasi-lokasi Balimau, supaya tidak terjadi kerumunan dan pasti akan dibubarkan," ujar Stefanus.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:06
SEBANYAK 13 ABK ASAL FILIPINA POSITIF COVID-19 SAAT AKAN BERLABUH DI PELABUHAN TANJUNG INTAN, CILACAP, JATENG   PEMKAB GARUT BEKERJA SAMA DENGAN LIPI KELOLA OBYEK WISATA DANAU SITU BAGENDIT DI KECAMATAN BANYURESMI   LAKUKAN PELACAKAN, PEMKOT TANGSEL PASTIKAN BELUM ADA TEMUAN KASUS BARU INFEKSI KORONA B1617   HARI KEDUA PELARANGAN MUDIK, POLRES TANGERANG KOTA: 58 KENDARAAN DIPAKSA PUTAR BALIK   DISHUB DKI: 515 ORANG MENGAJUKAN PERMOHONAN SIKM, 137 DITOLAK   PEMPROV DKI PUTUSKAN TEMPAT WISATA DI JAKARTA TETAP DIBUKA SAAT LIBUR LEBARAN   LIPI: JIKA PENDEKATAN MILITER TERPAKSA DILAKUKAN, PERLU CARA AGAR TIDAK BANYAK WARGA SIPIL JADI KORBAN   LIPI SEBUT PENDEKATAN NON-MILITERISTIK DIBUTUHKAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   LIPI KHAWATIR PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS AKAN MENUTUP DIALOG   LIPI MENILAI PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS TINGKATKAN KONFLIK DAN TIDAK SELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   KPK EKSEKUSI MANTAN ANGGOTA BPK RIZAL DJALIL KE LAPAS KELAS IIA CIBINONG, BOGOR   ICW MENILAI KPK MEROSOT SECARA TERSTRUKTUR SEJAK 2019   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS: SELAMA INI TIDAK PERNAH ADA FANATISME KELOMPOK AGAMA APA PUN DI KPK   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS MEMBANTAH TUDINGAN YANG MENYEBUT ADA KELOMPOK TALIBAN DI TUBUH KPK