Kompas TV internasional kompas dunia

Hari-Hari Terakhir Pangeran Philip: Dirawat di RS saat Wawancara Meghan-Harry dengan Oprah Mencuat

Kompas.tv - 9 April 2021, 19:39 WIB
hari-hari-terakhir-pangeran-philip-dirawat-di-rs-saat-wawancara-meghan-harry-dengan-oprah-mencuat
Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip yang berusia 99 tahun, dirawat di rumah sakit. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Eddward S Kennedy

Dilansir Associated Press, Jum'at, (09/04/2021), Kerajaan Inggris telah resmi mengumumkan wafatnya suami Ratu Elizabeth II, yaitu Pangeran Philip, di usia 99 tahun.

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya."

Demikian tulis pengumuman tersebut.

Penyebab meninggalnya Pangeran Philip dikarenakan infeksi jantung. Sebelumnya ia juga sempat menjalani operasi dirawat di rumah sakit selama sebulan, sebelum kembali ke Kastil Windsor pada Selasa (16/3/2021).

Pangeran Philip pertama kali dilarikan Rumah Sakit (RS) swasta King Edward VII di London pada 16 Februari 2021.

Baca Juga: Kerajaan Inggris Umumkan Pangeran Philip, Suami Ratu Inggris Elizabeth II, Meninggal Dunia

Dari sana, Pangeran Philip kemudian dipindahkan ke rumah sakit khusus jantung di RS St. Bartholomew untuk menjalani operasi jantung, dan setelahnya dipindahkan kembali ke RS King Edward VII. 

Associated Press juga melansir pada Selasa (16/3/2021), para fotografer yang menunggu di luar rumah sakit berhasil menangkap momen saat sang pangeran yang duduk di bagian belakang sebuah mobil berwarna hitam, keluar dari rumah sakit.

Istana Buckingham juga sempat merilis pernyataan terkait keluarnya Pangeran Philip dari rumah sakit. 

“Yang Mulia hendak berterima kasih kepada seluruh staf medis yang telah menjaganya baik selama dirawat di RS King Edward VII maupun St. Bartholomew, dan semua orang yang telah mengirimkan ucapan semoga sembuh,” demikian bunyi pernyataan dari istana Inggris kala itu.

Baca Juga: Pangeran Philip Meninggal Dunia, Klub-Klub Liga Inggris Ucapkan Bela Sungkawa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x