Kompas TV klik360 sinau

Serba-serbi Siklon Tropis Seroja: Kemunculan, Pergerakan, dan Dampaknya di Indonesia

Jumat, 9 April 2021 | 12:01 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Sejumlah wilayah di NTT diterjang banjir bandang akibat cuaca ekstrem yang disebabkan siklon tropis Seroja.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan peningkatan intensitas siklon tropis Seroja pada 7-8 April 2021.

Apa itu siklon tropis Seroja yang memporak-porandakan wilayah NTT?

Menurut BMKG, siklon tropis adalah badai dengan kekuatan yang besar. Badai ini disertai pertumbuhan awan hujan yang masif di sekitarnya.

Penamaan siklon Seroja diberikan sesuai urutan dalam daftar penamaan secara internasional.

Siklon tropis Seroja terpantau bergerak ke arah barat daya, sehingga perlahan menjauh dari wilayah daratan Indonesia.

Sejak 2 April 2021, BMKG telah mendeteksi adanya 2 bibit siklon tropis yakni bibit Siklon Tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan bibit Siklon Tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

Kemunculan bibit siklon tropis dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

Siklon tropis sendiri terbentuk di atas lautan luas dengan suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26,5 derajat celcius.

Siklon tropis Seroja berdampak terhadap pembentukan cuaca ekstrem di sekitar wilayah Indonesia. Beberapa di antaranya adalah potensi angin kencang, potensi gelombang tinggi, serta potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:02
TENGGELAMKAN EKS KRI BALIKPAPAN DALAM LATIHAN GABUNGAN, KRI CLURIT 641 DAN KRI KUJANG 642 TEMBAKKAN RUDAL C-705   KEMENHUB & POLRI AKAN TERAPKAN SANKSI TERHADAP KENDARAAN YANG NEKAT BEROPERASI SELAMA PENIADAAN MUDIK   ADA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB: SEMUA MODA TRANSPORTASI DARAT, LAUT, UDARA, TAK BOLEH ANGKUT PENUMPANG 6-17 MEI 2021   TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) TETAP BEROPERASI SEPERTI BIASA SELAMA PROSES PENGAMBILALIHAN OLEH NEGARA   PRESIDEN JOKOWI SERUKAN PENOLAKAN TERHADAP NASIONALISME VAKSIN   PRESIDEN JOKOWI MENYATAKAN SAAT INI NASIONALISME VAKSIN COVID-19 SEMAKIN MENINGKAT   DINKES DKI TENGAH MENGKAJI VARIAN VIRUS KORONA BARU E484K YANG TERDETEKSI DI JAKARTA   WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI CAPAI 4.190: 3.276 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 735 DALAM PERAWATAN   PRESIDEN JOKOWI MENDORONG NEGARA D-8 PULIHKAN EKONOMI GLOBAL LEWAT PERDAGANGAN   DALAM KTT D-8, PRESIDEN JOKOWI MENDORONG AGAR INDUSTRI “START UP” TERUS DIKEMBANGKAN   TNI & POLRI MASIH UPAYAKAN EVAKUASI KORBAN DAN SALURKAN BANTUAN KEPADA MASYARAKAT TERDAMPAK BENCANA NTT   KEPALA BNPB DONI MONARDO: JUMLAH KORBAN MENINGGAL TERBANYAK DITEMUKAN DI FLORES TIMUR, TEPATNYA DI PULAU ADONARA   BNPB: KORBAN MENINGGAL AKIBAT BENCANA DI NTT CAPAI 163 ORANG & 45 ORANG DINYATAKAN HILANG ATAU MASIH DALAM PENCARIAN    GUBERNUR NTT VIKTOR BUNGTILU LAISKODAT MENETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BENCANA MULAI 6 APRIL HINGGA 5 MEI 2021