Kompas TV nasional budaya

Kisah Pasar Kambing Tanah Abang yang Terbakar, dari Si Pitung sampai Ahok

Jumat, 9 April 2021 | 06:00 WIB
kisah-pasar-kambing-tanah-abang-yang-terbakar-dari-si-pitung-sampai-ahok
Pasar Tanah Abang zaman dulu (Sumber: Intisari online)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pasar Kambing di Tanah Abang terbakar, Kamis (8/4/2021). Setidaknya 17 Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk memadamkan amukan api. Kambing-kambing yang sedang dijajakan pun dievakuasi pemiliknya dengan cara digendong.

Pasar yang terletak di Jalan Sabeni, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, itu merupakan bagian tak terpisahkan dari Pasar Tanah Abang yang sudah ratusan tahun berdiri.

Bahkan, sebelum pasar tekstil berdiri megah seperti sekarang, para pedagang kambing sudah lebih dulu berjualan di sana. Tercatat aktivitas jual beli hewan ini sudah terjadi sejak tahun 1700-an.

Baca Juga: Ini Penyebab Api Cepat Melahap Ratusan Lapak dan Kios di Pasar Kambing Tanah Abang

Salah satu kisah yang mewarnai Pasar Kambing adalah hadirnya jagoan si Pitung, yang pernah dibegal setelah menjual kambingnya di sana. Uang hasil penjualan ludes yang membuatnya harus berusaha menebus kehilangan itu dengan tekun belajar silat.

Semenjak itu, Pitung tampil sebagai jawara yang disegani termasuk para begal yang jadi kaki tangan kompeni.

Peristiwa itu terjadi pada  sekitar tahun 1890-an. Kala itu, Pasar Tanah Abang sudah sangat ramai. Maklum, lokasinya yang dekat dengan Kali Krukut memudahkan para pedagang membuang kotoran atau darah kambing setelah disembelih.  

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:19
WAPRES MA'RUF AMIN INGIN RENCANA PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN DI PAPUA TAK DIHUBUNGKAN DENGAN SITUASI KEAMANAN   MASUK WILAYAH ZONA MERAH. SEJUMLAH RUMAH SAKIT DI PEKALONGAN SUDAH TIDAK DAPAT MENAMPUNG PASIEN COVID-19   WALI KOTA DEPOK M IDRIS TINGKATKAN KEWAJIBAN WFH BAGI PERKANTORAN DI WILAYAHNYA MENJADI 75 PERSEN    SATGAS COVID-19 SARANKAN WARGA PAKAI MASKER MEDIS DILAPIS MASKER KAIN SAAT BERADA DI LUAR RUMAH   PEMKOT TANGSEL PERKETAT ATURAN PPKM MIKRO, WARGA DILARANG GELAR RESEPSI PERNIKAHAN DEMI CEGAH KERUMUNAN   WALI KOTA TANGSEL SEBUT JAM OPERASIONAL PUSAT PERBELANJAAN DAN KAFE MAUPUN TENDA DIBATASI HINGGA PUKUL 20.00 WIB   SEBANYAK 25 WARGA POSITIF COVID-19, SATU RT DI KELURAHAN PALMERAH, JAKBAR, TERAPKAN “MICRO LOCKDOWN”   KURANGI KERUMUNAN, POLISI AKAN MENYEKAT SEPANJANG JALAN DI SISI KANAL BANJIR TIMUR PUKUL 21.00 WIB HINGGA 04.00 WIB   JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA YAKNI 23.265.773 ORANG   HINGGA 21 JUNI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 12.320.386 ORANG   KPC-PEN: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI 87 KABUPATEN/KOTA MELEBIHI 70 PERSEN   PEMERINTAH AKAN MEMPERKUAT PELAKSANAAN PPKM MIKRO SELAMA 14 HARI, YAKNI 22 JUNI-5 JULI 2021   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO SEBUT PPKM SKALA MIKRO TERBUKTI EFEKTIF MENEKAN LAJU PENULARAN COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.038: 4.226 SEMBUH, 209 MENINGGAL DUNIA, DAN 603 DALAM PERAWATAN