Kompas TV nasional budaya

Kisah Pasar Kambing Tanah Abang yang Terbakar, dari Si Pitung sampai Ahok

Kamis, 8 April 2021 | 22:46 WIB
kisah-pasar-kambing-tanah-abang-yang-terbakar-dari-si-pitung-sampai-ahok
Pasar Tanah Abang zaman dulu (Sumber: Intisari online)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pasar Kambing di Tanah Abang terbakar, Kamis (8/4/2021). Setidaknya 17 Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk memadamkan amukan api. Kambing-kambing yang sedang dijajakan pun dievakuasi pemiliknya dengan cara digendong.

Pasar yang terletak di Jalan Sabeni, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, itu merupakan bagian tak terpisahkan dari Pasar Tanah Abang yang sudah ratusan tahun berdiri.

Bahkan, sebelum pasar tekstil berdiri megah seperti sekarang, para pedagang kambing sudah lebih dulu berjualan di sana. Tercatat aktivitas jual beli hewan ini sudah terjadi sejak tahun 1700-an.

Baca Juga: Ini Penyebab Api Cepat Melahap Ratusan Lapak dan Kios di Pasar Kambing Tanah Abang

Salah satu kisah yang mewarnai Pasar Kambing adalah hadirnya jagoan si Pitung, yang pernah dibegal setelah menjual kambingnya di sana. Uang hasil penjualan ludes yang membuatnya harus berusaha menebus kehilangan itu dengan tekun belajar silat.

Semenjak itu, Pitung tampil sebagai jawara yang disegani termasuk para begal yang jadi kaki tangan kompeni.

Peristiwa itu terjadi pada  sekitar tahun 1890-an. Kala itu, Pasar Tanah Abang sudah sangat ramai. Maklum, lokasinya yang dekat dengan Kali Krukut memudahkan para pedagang membuang kotoran atau darah kambing setelah disembelih.  

Penulis : Iman Firdaus | Editor :





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:46
MABES POLRI KIRIM 292 ANGGOTA BRIMOB NUSANTARA UNTUK PENANGANAN BENCANA DI NTT   PEMKOT DEPOK GELAR UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA MULAI TAHUN AJARAN BARU YAKNI 12 JULI 2021    KEMENAG AKAN BUKA FORMASI 27.303 GURU AGAMA HONORER DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT ORANGTUA YANG BERHENTI MEROKOK BISA CEGAH ANAKNYA TERKENA "STUNTING"   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA MERUPAKAN BENTUK APRESIASI TERHADAP KREATIVITAS PELAKU SENI   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   PROSTITUSI ANAK DI APARTEMEN, WAGUB DKI PERTIMBANGKAN BERI SANKSI KEPADA PENGELOLA APARTEMEN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: WILAYAH ZONA MERAH COVID-19 BERTAMBAH 50 PERSEN DIBANDING PEKAN LALU   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR   BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM   MENSESNEG PASTIKAN PENGELOLAAN TMII TAK AKAN DIPINDAHTANGANKAN KE YAYASAN YANG DIBENTUK KELUARGA PRESIDEN JOKOWI   PEMERINTAH AKAN AMBIL ALIH PENGELOLAAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH DARI YAYASAN HARAPAN KITA   IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC