Kompas TV regional berita daerah

Raup Keuntungan Dari Budidaya Bonsai Di Halaman Rumah

Kompas.tv - 8 April 2021, 17:38 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi, seorang karyawan di Kabupaten Blitar sukses membudidayakan pohon bonsai di halaman rumahnya. Memanfaatkan lahan sempit yang ada, ia kini mampu meraup keuntungan jutaan rupiah dari hasil bisnis bonsainya.

Puluhan pohon bonsai ini terlihat imut dan berjajar cantik di sebuah halaman rumah mungil. Pembudidayanya adalah Andri Eko, warga kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar. 

Ide budidaya tersebut muncul,setelah pria 31 tahun itu melihat lahan sempit di halaman rumahnya gersang. Ia kemudian mencari berbagai referensi tanaman yang cocok untuk menghiasi rumahnya.

Awalnya ia hanya memanfaatkan pohon beringin yang ada di pinggir jalan raya untuk dikerdilkan. Andri terus melakukan perawatan hingga akhirnya ia berhasil membentuk pohon beringin itu menjadi bonsai yang cantik.

Dari situlah, ia terus mengembangkan budidaya tersebut hingga sekarang menjadi lebih dari 70 pohon bonsai berbagai jenis. Tidak hanya jadi penghias halaman, namun kini pohon-pohon bonsai itu juga telah menjadi bisnis.

Pendapatan ratusan hingga jutaan rupiah pun mampu didapatkan dari usaha budidaya pohon bonsai di lahan sempit tersebut setiap bulannya. Andri pun bersyukur karena usaha budidaya bonsainya dapat memberinya pendapatan penghasilan di masa pandemi ini.

Harga pohon bonsai hasil budidaya Andri dijual mulai dari 50 ribu hingga 2 juta rupiah. Semua tergantung ukuran dan kerumitan dalam proses pembentukan menjadi pohon bonsai.

#Blitar #Tanaman #Bonsai #Bunga #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x