Kompas TV regional berita daerah

Tiga Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Betung Kerihun Kapuas Hulu

Kompas.tv - 9 April 2021, 09:21 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KAPUAS HULU, KOMPAS.TV - Balai Besar Taman Nasional Danau Sentarum kembali melepasliarkan tiga orangutan, di Kawasan Hutan Betung Kerihun, di daerah Aliran Sungai Mendalam. Lokasi ini, tepatnya berada di Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Ketiga orangutan yang dilepasliarkan terdiri dari dua ekor jantan, dan satu ekor betina. Masing-masing bernama, Ribang, Leon, dan Viko.

Spesies jenis Pongo Pygmaeus ini merupakan hasil penyerahan oleh masyarakat, melalui Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang. Terhitung sejak tahun 2017, hingga April 2021, sebanyak 16 individu orangutan telah berhasil diselamatkan.

Sebelum dilepasliarkan, ketiganya juga sudah melewati tahapan pemeriksaan kesehatan, agar bebas dari penyakit menular, dan covid-19.

Sejak proses penyelamatan, seluruh petugas yang terlibat dipastikan disiplin protokol kesehatan. Protokol kesehatan juga diberlakukan pada petugas yang melakukan monitoring di lapangan, pasca kegiatan pelepasliaran.

Simak informasi lain dari Kabupaten Kapuas Hulu dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x