Kompas TV video cerita indonesia

Harga Sembako Naik Jelang Ramadhan, Ternyata Ini Alasannya

Kompas.tv - 7 April 2021, 15:44 WIB
Penulis : Herwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sahabat kompasTV pernah gak sih kalian merasa penasaran, kenapa sih harga bahan pokok selalu naik menjelang bulan Ramadhan? ternyata ini alasanya ...

Itu terjadi karena dipengaruhi oleh adanya perubahan pada permintaan dan penawaran. Dalam ilmu ekonomi, ada sebuah konsep yang bernama elastisitas permintaan dan penawaran nih. Yuk kita pelajari lebih lanjut.

Elastisitas dalam ekonomi merupakan suatu tingkat kepekaan pada perubahan jumlah suatu barang, akibat adanya perubahan dari faktor-faktor yang lainnya. Kita bisa bedakan menjadi 3 penyebab dari adanya perubahan pada kuantitas barang, baik barang yang diminta atau yang ditawarkan, di antaranya:

Harga barang itu sendiri

Harga barang lain

Income atau pendapatan

Kemudian, berkaitan dengan 3 poin di atas, terdapat pula 3 macam elastisitas yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Elastisitas Harga (Price Elasticity) 

Elastisitas harga permintaan mengukur persentase perubahan jumlah barang yang diminta terhadap persentase perubahan harga barang itu sendiri.

2. Elastisitas Pendapatan (Income Elasticity of Demand)

Elastisitas pendapatan adalah perubahan dalam permintaan sebagai akibat dari perubahan dalam pendapatan.

3. Elastisitas Silang (Cross Elasticity of Demand)

Elastisitas silang digunakan untuk mengukur besarnya kepekaan permintaan suatu barang jika harga barang lain yang berubah, yaitu harga barang yang ada kaitannya dengan barang tersebut yang berupa barang komplementer dan dapat berupa barang subtitusi.

Sudah paham kan tentang elastisitas dalam ekonomi? Nah sekarang kita bahas tentang elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran ya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x