Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Presiden Filipina Estrada Kritis Setelah Terinfeksi Covid-19

Kompas.tv - 7 April 2021, 01:09 WIB
mantan-presiden-filipina-estrada-kritis-setelah-terinfeksi-covid-19
Mantan Presiden Filipina Joseph Estrada. Mantan presiden Filipina itu dalam kondisi kritis setelah membaik usai menderita Covid-19 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

MANILA, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Filipina Joseph Estrada telah dipasang ventilator di rumah sakit untuk membantunya bernapas setelah terinfeksi Covid-19, kata putranya Selasa, seperti dilansir Associated Press, Selasa, (05/04 / 2021)

Estrada yang berusia 83 tahun, politisi Filipina paling terkemuka yang dites positif Covid-19, dirawat di rumah sakit lebih dari seminggu yang lalu dan awalnya pulih dengan baik, kata putranya, mantan Senator Jinggoy Estrada.

Tetapi pada hari Senin, "kondisi ayah saya mengalami kemunduran," katanya dalam buletin medis yang diposting di Facebook, menambahkan bahwa dokter memutuskan untuk memasang ventilator "untuk meningkatkan pengiriman oksigen serta untuk mencegah kelelahan pernapasannya. mekanisme."

“Ayah saya selalu seorang pejuang dan saya berharap dengan bantuan doa Anda, dia akan memenangkan pertempuran ini,” katanya.

Baca Juga: Filipina Tuduh China Ingin Caplok Wilayah Kekuasaan Lebih Banyak di Laut China Selatan

Putra Estrada lainnya, mantan Senator JV Ejercito, juga meminta doa, mengatakan dalam tweet bahwa "Covid tidak dapat diprediksi."

Estrada, mantan bintang film laga dan politisi lama, memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 1998 dengan salah satu margin terbesar dalam sejarah pemilu Filipina.

Tetapi masa jabatan enam tahunnya dipotong pendek setelah dia menghadapi tuduhan penjarahan dan digulingkan pada Januari 2001 setelah protes besar-besaran. Dia membantah tuduhan itu, yang katanya dibuat-buat oleh lawan-lawannya.

Pengadilan khusus anti-korupsi memvonisnya atas penjarahan pada tahun 2007. Penggantinya, Gloria Macapagal Arroyo, memaafkannya dalam tindakan yang memulihkan hak-hak sipil dan politiknya dan memungkinkannya untuk melakukan pencalonan kedua yang gagal untuk kursi kepresidenan pada tahun 2010.

Baca Juga: Kasus Harian tembus 10 Ribu per Hari, Filipina Perpanjang Lockdown

Dia memenangkan pemilihan sebagai walikota Manila pada 2013 dan telah pensiun dari politik sejak masa jabatannya berakhir pada 2019.

Secara terpisah, Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana, yang memimpin upaya untuk menangani pandemi di Filipina, mengatakan dia dites positif terkena virus corona pada Selasa dan akan diisolasi.

Pensiunan jenderal angkatan darat berusia 72 tahun, yang mengatakan dia tidak mengalami gejala, adalah salah satu dari beberapa anggota Kabinet Presiden Rodrigo Duterte yang tertular penyakit tersebut. Semua rekan Kabinet Lorenzana telah pulih.

Duterte telah menetapkan kota metropolitan Manila dan empat provinsi terpencil, wilayah berpenduduk lebih dari 25 juta orang, kembali diisolasi di tengah lonjakan infeksi yang mengkhawatirkan.

Filipina telah melaporkan lebih dari 812.000 kasus COVID-19, termasuk 13.817 kematian, jumlah tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x