Kompas TV regional kesehatan

Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak | AYO SEHAT

Selasa, 6 April 2021 | 16:46 WIB

KOMPASTV - Pemirsa, penyakit jantung bawaan atau PJB, merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita pada bayi yang baru lahir. Bahkan penyakit jantung bawaan ini, di derita oleh 8 bayi dari 1000 kelahiran hidup. Lalu apa itu penyakit jantung bawaan. Berikut informasinya, untuk anda.

Baca Juga: Cek Dulu, Mie Instan Bisa Mengandung Natrium Berlebihan, Sebabkan Gagal Ginjal dan Penyakit Jantung

Penyakit jantung bawaan atau PJB, merupakan istilah dalam kedokteran, yang digunakan untuk menggambarkan berbagai macam penyakit jantung. Penyakit jantung bawaan biasanya berkembang diawali pada saat kelahiran, dan banyak disebabkan oleh kelaianan struktur kadiovaskular.

Beberapa penyebab terjadinya kelaianan kardiovaskular sejak lahir, diantaranya adalah perubahan genetik, kelainan genetik atau kromosom, dan mengkonsumsi obat tertentu, selama masa kehamilan.

Baca Juga: Epilepsi dan Penanganannya - AYO SEHAT

Dilansir dari laman pusat jantung nasional,  penyakit jantung bawaan dialami sekitar 8 bayi dari 1000 kelahiran hidup. Dan 30% diantaranya telah memberikan gejala pada minggu pertama setelah kelahiran .

Pada masa kehamilan, umumnya kelainan pada jantung janin dapat diketahui melalui pemeriksaan suara detak jantung saat melakukan USG.

Walau banyak di derita pada anak anak, namun tidak semua penyakit jantung bawaan memerlukan perawatan, karena dari beberapa jenisnya,  tidak memiliki efek jangka panjang.  Bahkan beberapa penyakit jantung bawaan, dapat tetap aman tanpa perawatan, hingga beberapa diantaranya, dapat sembuh dengan sendirinya dengan bertambahnya usia anak.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Krokot Ternyata Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Stroke

Namun demikian, pada kasus penyakit jantung bawaan serius, diperlukan perhatian medis yang ketat, termasuk perawatan sejak dini.

Melansir dari kompas.com, beberapa gejala penyakit jantung bawaan yang diderita pada bayi yang baru lahir, diantaranya bibir, kulit jari tangan dan kaki, berwarna kebiruan. Bayi terlihat kesulitan bernapas. Bayi mengalami kesulitan saat makan. Berat badan yang rendah pada masa kelahiran. Nyeri dada, dan pertumbuhan yang lambat.

Lalu bagaimana cara menghindari, agar bayi dalam kandungan dapat terhindar dari penyakit jantung bawaan . Dan bagaimana mengatasi penyakit jantung bawaan pada bayi yang baru dilahirkan. Simak terus perbincangannya, di Ayo Sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv

Penulis : Anas Surya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


KOMPAS DUNIA

Spanyol Punya 11 Kawasan Vulkanik

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:43 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19