Kompas TV regional berita daerah

Gerebek Sungai Program Atasi Banjir di Kota Bandar Lampung

Kompas.tv - 6 April 2021, 14:18 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

Salah satunya dengan mengembalikan fungsi sungai yang dapat mengalirkan air dari hulu atau sumber air menuju ke hilir atau muara.

Demi mencegah banjir, petugas bersama sejumlah warga secara bergotong royong membersihkan aliran sungai dari sampah yang mengendap.

Baca Juga: Koordinasi Lintas Sektoral Bahas Persiapan Ramadan

Alat berat juga diturunkan untuk mengangkut endapan lumpur di dasar sungai. Kegiatan berbasis gotong-royong ini dinamakan Gerebek Sungai.

Gerebek Sungai merupakan program yang digagas Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi disejumlah kawasan di Bandar Lampung.

Kegiatan ini dicanangkan satu kali dalam seminggu, dan dilakukan rutin setiap hari Jumat.

Tak hanya membersihkan aliran sungai dari sampah dan lumpur, Wali Kota Bandar Lampung juga berencana meninggikan dinding pembatas sehingga air luapan sungai tidak masuk ke pemukiman warga.

Eva juga mengimbau masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai yang dapat menyebabkan banjir.

#GerebekSungai #Banjir #CuacaEkstrem  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x