Kompas TV regional berita daerah

20 Orang Sempat Di Rawat Di Rumah Sakit Pasca Divaksin, Masyarakat Diminta Tidak Perlu Takut

Kompas.tv - 6 April 2021, 11:56 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Vaksinasi tahap pertama dan dua di Gorontalo hingga saat ini masih terus dilakukan oleh dinas kesehatan Provinsi Gorontalo, baik vaksinasi kepada pelayanan public, lansia maupun kepada masyarakat umum.

Juru bicara covid-19 Provinsi Gorontalo mengungkapkan, dari 728 Ribu sasaran vaksinasi di Gorontalo, 37 ribu orang diantaranya telah disuntik vaksin.

Namun dari ribuan yang telah divaksinasi, 20 orang diantaranya sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit rujukan karena mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI secara serius.

Warga yang mengalami KIPI tersebut terjadi pada saat penyuntikan Vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Meski demikian 20 orang yang mengalami KIPI tersebut telah dipulangkan ke rumah karena sudah membaik.

Baca Juga: Stok Gas 3 Kilogram Dipastikan Aman Di Bulan Ramadan

“kami mencatat yang serius itu yang sempat kami rawat,di seluruh kabupaten kota ada 20 orang “

Sementara itu pengurus Komda KIPI Fikri Biya  mengatakan, warga mengalami KIPI tersebut adalah hal biasa pada tubuh, jika cairan asing yang masuk ke dalam tubuh. Warga pun diminta untuk tidak takut jika akan disuntik vaksin.

“ jadi itu respon tubuh apabila sesuatu benda asing atau antigen yang disuntikan kedalam tubuh kita, Kalau dibidang medis itu hal wajar,  kita tidak perlu takuti, tetapi tetap kita waspadai,dengan cara kita tetap pantau”

Komda KIPI pun meminta kepada masyarakat untuk melaporkan Ke Puskesmas terdekat jika mengalami KIPI meskipun gejala ringan, hal ini dilakukan agar menjadi bahan evaluasi dari pemerintah.

 

#Vaksin  #Covid-19  #Gorontalo

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x