Kompas TV nasional sosial

Peringatan Dini Siklon Tropis Seroja: Gelombang Tinggi hingga 6 April 2021

Kompas.tv - 5 April 2021, 17:03 WIB
peringatan-dini-siklon-tropis-seroja-gelombang-tinggi-hingga-6-april-2021
Monitoring BMKG terkait dua bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (3/4). (Sumber: BMKG)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengeluarkan peringatan dini siklon tropis seroja. 

Berdasarkan konferensi pers pada Senin (5/4/2021), BNPB meminta masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir untuk waspadai gelombang tinggi dari tanggal 5 - 6 April 2021. 

Gelombang dengan kategori tinggi yakni pada 2,5 - 4 meter diperkirakan terjadi di Perairan Bengkulu, Jawa Tengah, Sumba, Selat Bali, Lombok, dan Laut Flores.

Gelombang kategori sangat tinggi pada 4 - 5 meter diperkirakan terjadi di perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Bengkulu-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Barat, Samudera Hindia selatan Banten-Jawa Tengah, Perairan Pulau Sawu, Kupang-Pulau Rote. 

Baca Juga: Dua Bibit Siklon Tropis, Masyarakat Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Gelombang kategori ketinggian ekstrem yakni 6 meter diperkirakan terjadi di Samudera Hindia selatan NTT. 

BMKG mengimbau masyarakat yang bermukim di pesisir untuk waspada akan terjadinya gelombang tinggi dan bagi perahu/kapal kecil untuk tidak melakukan aktivitas pelayaran. 

Berdasarkan update terbaru BMKG per tanggal 5 April 2021 pukul 01.00 WIB, siklon tropis seroja akan terus menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat Daya menjauhi Indonesia. 

Baca Juga: Banjir Bandang di NTT, BMKG: Waspada Siklon Seroja hingga 6 April 2021

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x