Kompas TV internasional kompas dunia

Sophia Si Robot Seniman Kini Melirik Karier Sebagai Musisi

Kompas.tv - 4 April 2021, 07:00 WIB
sophia-si-robot-seniman-kini-melirik-karier-sebagai-musisi
Sophia si robot seniman yang sempat menghebohkan jagat seni saat karya lukis digitalnya berhasil terjual hampir senilai Rp 10 miliar pada Maret lalu. Kini ia tengah menjajaki karir selanjutnya sebagai musisi. Foto diambil di studio Hanson Robotics di Hong Kong pada 29 Maret 2021. (Sumber: AP Photo/Vincent Yu)
Penulis : Vyara Lestari

HONG KONG, KOMPAS.TV – Masih ingat Sophia? Robot multi talenta yang dapat berbicara, bercanda, menyanyi, dan bahkan membuat karya seni. Pada Maret lalu, ia menimbulkan kehebohan di dunia seni saat sebuah karya digital yang ia ciptakan sebagai bagian dari sebuah kolaborasi, berhasil terjual hingga USD688.888 atau hampir mencapai Rp 10 miliar dalam bentuk non-fungible token (NFT).

Token NFT merupakan aset digital yang mewakili beragam macam barang berwujud maupun tak berwujud yang dianggap unik dan tak dapat dipertukarkan.

Penjualan karya seni Sophia menyoroti kegilaan yang berkembang di pasar NFT. Di pasar ini, pembeli dapat membeli hak kepemilikan atas konten digital.

Tiap NFT memiliki kode digital unik yang memungkinkan setiap orang memverifikasi keaslian dan kepemilikan barang.

Baca Juga: Lukisan Robot Sophia Terjual Lebih dari Rp 9 Miliar

David Hanson, pencipta Sophia, merupakan CEO Hanson Robotics yang bermarkas di Hong Kong. Selama 2,5 dekade belakangan, ia telah mengembangkan robot.

Ia percaya bahwa robot dengan penampilan realistik dapat terhubung dengan manusia dan membantu dalam aneka industri seperti perawatan kesehatan dan pendidikan.

Sophia merupakan kreasi robot paling terkenal dari Hanson Robotics. Ia punya kemampuan menirukan ekspresi wajah, terlibat dalam percakapan dan mengenali orang.

Pada tahun 2017, ia dianugerahi kewarganegaraan Arab Saudi dan menjadi warga negara robot pertama di dunia.

“Saya membayangkan Sophia sebagai karya seni kreatif, yang dapat menciptakan seni,” ujar Hanson seperti dilansir dari The Associated Press, Sabtu (3/4/2021).

“Sophia adalah puncak dari banyak seni, dan teknik, dan gagasan bahwa ia kemudian mampu menghasilkan karya seni merupakan cara baginya untuk terhubung dengan manusia secara emosional dan visual,” terangnya.

Baca Juga: Keren! Robot Pelayan Karya Dua Santri MAN 1 Brebes Juarai Kontes Robot Nusantara

Sophia berkolaborasi dengan seniman Italia Andrea Bonaceto, yang melukis gambar Sophia. Sophia lalu memproses karyanya melalui jaringan saraf dan mulai membuat karya seni digitalnya sendiri.

Karya seni yang terjual senilai hampir Rp 10 miliar itu berjudul “Sophia Instantiation”, dan merupakan video file berdurasi 12 detik yang memperlihatkan potret Bonaceto yang berkembang menjadi lukisan digital Sophia. File itu juga disertai dengan karya seni fisik yang dilukis oleh Sophia.

Sang pembeli, seorang kolektor karya seni digital dan seniman yang dengan akun @Crypto888crypto di Twitter, kemudian mengirimi Sophia foto lukisan pada lengannya. Sophia kemudian memprosesnya, dan menambahkan gambar itu dalam pengetahuannya dan melukiskannya di atas karyanya yang asli.

Baca Juga: Hebat!! 5 Mahasiswa Ini Ciptakan Robot Terapi Pasien Stroke

Menurut Hanson, Sophia akan tetap melukis. Namun, robot ciptaannya itu kemungkinan akan meniti karir selanjutnya sebagai seorang musisi. Kini Sophia tengah menggarap sejumlah karya musik dalam sebuah proyek bernama Sophia Pop. Dalam proyek ini, Sophia akan berkolaborasi dengan para musisi untuk menciptakan musik dan lirik.

“Kami sangat gembira dengan karir Sophia sebagai seorang seniman,” pungkas Hanson.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x