Kompas TV regional update

Kebakaran Susulan Kilang Minyak Balongan, Warga Dengar Bunyi Ledakan

Kompas.tv - 2 April 2021, 10:24 WIB
kebakaran-susulan-kilang-minyak-balongan-warga-dengar-bunyi-ledakan
Suasana kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu saat terbakar. Saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui dan sedang didalami pihak kepolisian. (Sumber: Kompas.com/ALWI)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat, kembali dilahap api pada Kamis (1/4/2021) malam. Informasi mengenai kebakaran susulan ini diunggah oleh beberapa akun Instagram seperti @infojawabarat dan @indramayuterkini.

Dalam video tersebut, kobaran api terlihat kembali menyala dan melahap Tangki T-301 di kawasan Kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. 

Warga mengaku mendengar suara ledakan sebanyak dua kali pada sekitar pukul 20.00 WIB. Warga yang ketakutan memutuskan untuk meninggalkan rumah dengan membawa sejumlah surat berharga seperti ijazah.

Pantauan Kompas.com pada Kamis (1/4/2021) malam,  jalan Indramayu menuju Cirebon kembali ditutup dan aparat keamanan kembali bersiaga mengamankan lokasi. 

Baca Juga: Tangki Terbakar Sudah Padam, Pertamina Balongan Kembali Normal

Berdasarkan keterangan resmi SVP Corporate Communication dan IR PT Pertamina (Persero), Agus Suprijanto, bunyi ledakan terjadi akibat cairam foam yang terbuka. Cairan foam atau busa digunakan sebagai bahan untuk mendinginkan api tangki terbuka karena angin. Ketika minyak panas di dalam tangki bertemu di udara, maka menghasilkan bunyi dentuman.

"Ketika lapisan foam yang sudah ada di lokasi itu terbuka dan kena angin, minyak panas di dalamnya bertemu dengan udara sehingga menimbulkan suara keras," kata Agus Suprijanto. 

Pendinginan dan pengawasan tangki terus dilakukan oleh pihak Pertamina. Saat ini, api sudah berhasil dipadamkan. Sementara itu, sejumlah warga sudah kembali ke rumah masing-masing dari lokasi pengungsian. Banyak warga di pengungsian yang mengalami masalah pernapasan. 

Baca Juga: Warga Balongan Geruduk Kantor PT Pertamina Minta Ganti Rugi dan Bantuan Makanan

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x