Kompas TV video sinau

7 Wilayah Indonesia yang Pakai Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Kompas.tv - 1 April 2021, 11:56 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada total 1,1 juta dosis Vaksin AstraZeneca yang tiba di Indonesia. Meski sempat dihentikan sementara karena adanya laporan kasus pembekuan darah di luar negeri, pemerintah kini melanjutkan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin AstraZeneca.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut 1,1 juta vaksin AstraZeneca sudah disebar ke 7 wilayah. Paling banyak digunakan di Jawa Timur dan Bali.

Adapun 7 wilayah di Indonesia yang menggunakan vaksin AstraZeneca adalah:

1. Jawa Timur
2. Nusa Tenggar Timur
3. Kepualuan Riau
4. Sulawesi Utara
5. Maluku
6. DKI Jakarta
7. Bali

Siti Nadia Tarmizi menyebut sejauh ini tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi yang serius dengan penggunaan vaksin AstraZeneca.

"Di mana sampai saat ini proses pemberian vaksinasi dengan menggunakan AstraZeneca masih tetap berlangsung dan dijalankan. Tidak ditemukan KIPI yang berat pasca penyuntikan vaksin astraZeneca," ujar Nadia pada 30 Maret 2021.

"1-10 persen penerima vaksin dari hasil uji klinis yang kita dapatkan, demam di atas 39 derajat Celcius, bengkak, sakit di tempat suntikan adalah efek samping yang biasa ditemukan pada vaksin AstraZeneca," lanjutnya.

Pemerintah meyakinkan masyarakat bahwa manfaat dari vaksin ini lebih besar daripada resikonya.

Video Editor: Agung Ramdhani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x