Kompas TV video cerita indonesia

5 Poin Penting dari Kunjungan Menlu Retno dan Menhan Prabowo ke Jepang

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 12:55 WIB
Penulis : Abdur Rahim

TOKYO, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Jepang (30/3).

Keduanya melakukan Pertemuan 2+2 dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi dan Menhan Nobuo Kishi.

Retno menjelaskan, pertemuan tersebut merupakakan tindak lanjut dari kunjungan PM Suga ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kunjungan Menlu Retno: Jepang Komitmen Bantuan Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Menlu menyebut, ada 5 hal penting yang dibahas terkait dari pertemuan tersebut, di antaranya adalah :

  1. Pertama, kita menindaklanjuti kunjungan PM Suga ke Indonesia, dengan pertemuan intensif seperti ini maka akan memudahkan kita untuk mengukur implementesi dari kesepakatan-kesepakatan yang sudah ada.
  2. Kedua, di bidang kerja sama kesehatan telah mulai jalan dan kita sepakat untuk terus memperkuatnya karena kita tahu bahwa isu kesehatan sangat penting di masa mendatang.
  3. Ketiga, terdapat komitmen yang kuat, komitmen yang sama dari kedua belah pihak untuk memperkuat kerja sama ekonomi termasuk bidang investasi serta upaya untuk menyelesaikan berbagai tantangan perdagangan kedua negara.
  4. Keempat, kita juga sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama pertahanan dan maritim Indonesia dan Jepang.
  5. Kelima mengenai pembahasan isu kawasan dan internasional satu hal yang saya tekankan adalah pentingnya semua negara memajukan kerja. ungkap Retno saat memberikan keterangan pers (30/3).

Retno menyebut, Jepang adalah mitra strategis Indonesia sejak tahun 2006. Bahkan, pada tahun 2020, Jepang bahkan menjadi investor ke-4 terbesar Indonesia setelah Singapura, RRT, dan Hong Kong.

 

Editor : Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x