Kompas TV nasional hukum

Lewat Ketua Komisi VIII DPR KPK Telusuri Dugaan Bagi-Bagi Kuota Paket Bansos

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 23:30 WIB
lewat-ketua-komisi-viii-dpr-kpk-telusuri-dugaan-bagi-bagi-kuota-paket-bansos
Politisi PAN dan Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto setelah pemeriksaan di Gedung KPK, Selasa (30/3/2021). (Sumber: Kompas.com/Irfan Kamil)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto diperiksa KPK terkait kasus suap Bansos di Kementerian Sosial (Kemensos).

Wakil Ketua Umum PAN itu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos Matheus Joko Santoso.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan pemeriksaan Yandri untuk mendalami pengetahuannya terkait pengawasan Komisi VIII DPR RI mengenai Bansos yang digulirkan Kemensos kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Baca Juga: KPK Periksa Ketua Komisi VIII DPR Terkait Korupsi Bansos Covid-19

Selain tupoksi Komisi VIII, KPK juga mengkonfirmasi mengenai dugaan adanya kuota paket bansos yang diberikan PPK di Kemensos Adi Wahyono kepada Yandri Susanto.

Menurut Ali, pemeriksaan saksi seluruhnya sudah dituangkan dalam berita acara pemeriksaan dan akan dibeberkan KPK dalam persidangan.

“Ketika persidangan tentu seluruh hasil penyidikan ini akan dibuka dalam rangka pembuktian surat dakwaan,” ujar Ali Fikri, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Usai pemeriksaan Yandri mengaku telah menjelaskan seluruh yang diketahuinya terkait program Bansos di Kemensos.

Baca Juga: Effendi Gazali Minta KPK Buka Data Semua Vendor Bansos

Yandri menjelaskan saat pemeriksaan, penyidik tidak terlalu banyak mengajukan pertanyaan, yakni hanya tujuh hingga delapan pertanyaan.

“Nah materi yang ditanya ke saya semua sudah saya sampaikan ke penyidik.  Saya sebagai warga negara yang baik, kemarin dapat panggilan dari KPK jam dua siang tadi, dan saya sudah hadir sebagai warga negara yang baik,” ujar Yandri

Penyidik KPK mulai menelusuri pihak-pihak yang kecipratan program paket bansos 2020. Sebelumnya ada nama Effendi Gazali.

Baca Juga: Diperiksa Sebagai Saksi di KPK, Cita Citata: Juliari Batubara Ini Nggak Saya Kenal

Sama seperti Yandri, Effendi diperiksa KPK sebagai saksi untuk mendalami dugaan pembagian jatah perusahaan dalam pengadaan paket bansos di Kemensos.

KPK menduga Effendi Gazali memberikan rekomendasi vendor pengadaan paket bansos ke Kemensos tahun 2020. Diduga rekomendasi vendor pelaksana pengadaan paket bansos diusulkan ke Adi Wahyono.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x