Kompas TV nasional update corona

Ini 2 Bandara yang Siap Gunakan GeNose Mulai 1 April

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 13:39 WIB
ini-2-bandara-yang-siap-gunakan-genose-mulai-1-april
Pelaksanaan uji coba tes GeNose C19 dalam bilik di Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Sumber: (KOMPAS.COM/DANI JULIUS))
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mulai 1 April 20201, ada 2 bandara yang siap menggunakan GeNose untuk mendeteksi Covid-19 kepada para calon penumpang. Yaitu Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat,  dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menyatakan, pihaknya sudah lebih dulu mengadakan uji coba penerapan GeNose kepada karyawannya, di 2 bandara tersebut.

Dari hasil uji coba, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan calon penumpang saat akan menggunakan GeNose di bandara.

Baca Juga: Mulai 1 April, GeNose Bisa Digunakan di Bandara, Pelabuhan, dan Stasiun

Pertama-tama, calon penumpang harus mengunduh dan mendaftarkan diri (sign up) di aplikasi Airport Health Center, verifikasi email, mengisi profil di aplikasi, memesan/booking tes dan melakukan pembayaran.

Kemudian, tahap on-process, seperti verifikasi dan pemberian kantong napas, pengambilan sampel napas, scan QR code data & kantung nafas, analisa sampel napas. Terakhir, post-process alias hasil tes keluar di aplikasi.

"Rangkaian tersebut berdurasi sekitar 10 menit, dari pertama kali mengunduh aplikasi Airport Health Center hingga hasil tes keluar," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/03/2021).

Baca Juga: Mudik Dilarang, Sandiaga Uno Imbau Masyarakat Kirim Hantaran Lebaran

Pelaksanaan tes GeNose C19 di bandara-bandara AP II didukung dengan aplikasi agar pelaksanaan tes dapat lebih teratur secara administrasi dan berjalan lancar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x