Kompas TV nasional budaya

Sajian Buka Puasa dari Belahan Dunia

Selasa, 30 Maret 2021 | 12:23 WIB
sajian-buka-puasa-dari-belahan-dunia

 

Jakarta, KOMPAS TV - Puasa Ramadan merupakan satu dari 5 rukun islam. Di mana ini adalah bentuk ibadah yang Allah SWT perintahkan langsung kepada umat-Nya yang beriman melalui ayat yang tercantum dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Nah, buka puasa adalah salah satu ritual spesial dan membahagiakan setelah fokus menahan diri dari lapar, haus dan hawa nafsu sepanjang hari dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Di Indonesia, kolak menjadi salah satu makanan khas favorit saat berbuka puasa. Selain biasa dibuat sendiri di rumah, kolak banyak dijual oleh penjaja makanan selama Ramadan. Lantas bagaiamana dengan negara lain?

Setiap negara memiliki menu khas sendiri untuk berbuka. Mulai dari makanan ringan hingga berat. Berikut adalah makanan khas berbuka puasa dari beberapa negara di belahan dunia.

1. Ful Medames, Mesir

Ful Medames merupakan terbuat dari rebusan kacang lava, minyak, bawang putih, dan juga air lemon. Medames biasanya disajikan sebagai menu sarapan, namun saat bulan Ramadhan, menu satu ini menjadi menu favorit untuk berbuka.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:11
KEMENHUB MEDIASI PENYELESAIAN SANTUNAN KEPADA KELUARGA ABK MT KIRANA YANG MENINGGAL SAAT BERTUGAS DI SINGAPURA   KEMENAKER GAGALKAN PENGIRIMAN 11 CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL YANG AKAN DIBERANGKATKAN KE TIMUR TENGAH   DIREKTUR ADVOKASI PSHK FAJRI NURSYAMSI MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMBAHASAN RKUHP   WALI KOTA DEPOK M IDRIS AKUI VAKSINASI COVID-19 DI WILAYAHNYA MASIH TERKENDALA SEHINGGA BELUM MENCAPAI TARGET   PP MUHAMMADIYAH MEMINTA PEMERINTAH BERI PERHATIAN SERIUS UNTUK ATASI KASUS COVID-19 YANG MELONJAK TINGGI   KASUS COVID-19 MENINGKAT, MENPAN-RB TJAHJO KUMOLO SEBUT HAK CUTI PERORANGAN UNTUK ASN SEMENTARA DITIADAKAN   MENPAN-RB TJAHJO KUMOLO TEGASKAN TAK ADA PENERAPAN “LOCKDOWN” DI KANTOR KEMENTERIAN ATAU INSTANSI PEMERINTAHAN   MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT UPAH BURUH TURUN 5,2 PERSEN SELAMA PANDEMI COVID-19    MULAI BESOK, PEMKOT BOGOR KEMBALI TERAPKAN KEBIJAKAN GANJIL-GENAP PADA AKHIR PEKAN    VAKSINASI GRATIS DI BLOK F PASAR TANAH ABANG, JAKPUS, DIPADATI PEDAGANG PEKERJA DAN WARGA JAKARTA    HINGGA SAAT INI TOTAL PASIEN COVID-19 YANG MENINGGAL DUNIA MENCAPAI 54.043 ORANG    TOTAL AKUMULASI PASIEN YANG SEMBUH PER HARI INI MENJADI 1.779.127 ORANG    PASIEN COVID-19 YANG SEMBUH HARI INI BERJUMLAH 7.907 ORANG   TOTAL KASUS POSITIF COVID-19 HINGGA 18 JUNI 2021 MENCAPAI 1.963.266 KASUS