Kompas TV internasional kompas dunia

Berawal dari Penemuan Brankas Lawas, Dokumen Pendirian Universitas di Tahun 1851 Ditemukan

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 10:21 WIB
berawal-dari-penemuan-brankas-lawas-dokumen-pendirian-universitas-di-tahun-1851-ditemukan
Dokumen pendirian universitas dari tahun 1851 yang berhasil ditemukan dari brankas lawas. (Sumber: Upi)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Sebuah dokumen lawas yang berisi catatan awal pendirian sebuah universitas di California, Amerika Serikat berhasil ditemukan. Penemuan itu terjadi ketika proses bersih-bersih sedang dilakukan.

"Kami menemukan benda tersebut ketika membersihkan atas dan bawah rubanah. Saya melihat ke bawah dan menemukan brankas itu," ujar Christopher Callahan, president University of the Pacific.

Baca Juga: Sebuah Dokumen Tak Sengaja Buktikan China Ingin Mengurangi Populasi Etnis Uighur

Melansir Upi, Senin (29/03/2021) brankas itu ditemukan di Burns Tower, Stockton dan berukuran setinggi 5 kaki atau sekitar 154 cm. Pihak universitas lantas menghubungi Pemadam Kebakaran Stockton meminta tolong membantu membuka brankas tersebut.

Setibanya di lokasi, para anggota kru khawatir tentang kerusakan benda di dalam ketika akan dibuka. Pihak damkar memutuskan tak menggunakan pemotong berbentuk obor dan menggunakan alat penyelamat hidrolik.

Baca Juga: Iseng Asal Pencet Kode, Pintu Brankas Jamkrindo Kalbar Pun Terbuka, Sekuriti Bawa Kabur Rp 50 Juta

 

A #historic #PacificFriday at University of the Pacific: Thanks to our friends at Stockton Fire Department and Lt. Wayne...

Posted by Pacific President Christopher Callahan on Friday, March 26, 2021

Berhasil dibuka, brankas tersebut berisi dokumen yang menjelaskan asal-usul sekolah termasuk jurnal bertulis tangan dari tahun 1851.

"Brankas yang berhasil dibuka ternyata dokumen asli pendirian universitas pertama California sejak pertemuan pendiri pada 6 Januari 1851," tulis Callahan dalam akun Facebook-nya.

Baca Juga: SNMPTN 2021, Universitas Brawijaya Malang PTN Penerima Mahasiswa Terbanyak

Selain itu di dalam brankas juga ditemukan ijazah yang tercetak dengan kulit hewan. "Ini seperti tambang emas, kami sangat senang," pungkas Callahan.

Baca Juga: Pantai Maluku Tengah Jadi Sumber Uang Baru, Warga Jual Emas Bisa Sampai 300 Gram Per Hari



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x