Kompas TV internasional kompas dunia

Putin Sebut Rusia Akan Capai Kekebalan Kelompok Atas Covid-19 di Akhir Musim Panas Tahun Ini

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 01:00 WIB
putin-sebut-rusia-akan-capai-kekebalan-kelompok-atas-covid-19-di-akhir-musim-panas-tahun-ini
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (28/03/2021) mengatakan negara itu dapat mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19 pada akhir musim panas tahun ini, seperti dilansir Xinhua, Senin (29/03/2021)(Sumber: Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (28/03/2021) mengatakan negara itu dapat mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19 pada akhir musim panas tahun ini.

Jika vaksinasi massal berlanjut dengan kecepatan saat ini, sekitar 70 persen orang dewasa di Rusia akan mendapatkan suntikan vaksin hingga akhir musim panas nanti, sehingga dapat mencapai ambang kekebalan kelompok.

Hal itu dikatakan Putin di sebuah program televisi lokal, seperti dilansir Xinhua, Senin (29/03/2021).

Sebelumnya pada pekan lalu, Putin menuturkan bahwa 6,3 juta orang di Rusia telah menerima dosis pertama vaksin buatan dalam negeri sementara 4,3 juta orang telah menerima dua suntikan vaksin sejak dimulainya vaksinasi massal pada awal Desember tahun lalu.

Baca Juga: BPOM Resmi Terbitkan Izin Penggunaan Avifavir, Obat Covid-19 Buatan Rusia

Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia, Rabu, 3 Februari 2021 di Algiers. Aljazair telah memulai kampanye vaksinasi melawan pandemi virus Corona Sabtu lalu, menggunakan vaksin Sputnik V. Rusia. (Sumber: AP Photo/Fateh Guidoum)

Putin menerima suntikan dosis pertama vaksin domestik pada Selasa (23/03/2021), dan Kremlin belum memublikasikan foto atau rekaman video apapun terkait penyuntikan vaksin bagi Putin. 

Dia mengatakan ketiga vaksin buatan Rusia, yaitu Sputnik V, EpiVacCorona, dan CoviVac, "efektif, andal, dan aman" serta tidak merasakan efek samping serius setelah disuntik menggunakan vaksin tersebut.

Di tengah keraguan banyak kalangan akan vaksin besutan Rusia yang dinilai tergesa-gesa – yang telah digunakan sebelum dinyatakan selesai uji coba tahap akhir –, vaksin Sputnik V tampaknya aman dan efektif.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Lancet, vaksin Sputnik V memiliki tingkat efektivitas sebesar 91% dan tampaknya mampu mencegah para penerima vaksin sakit parah akibat Covid-19. Namun, masih belum jelas apakah vaksin Sputnik V dapat mencegah penyebaran Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x