Kompas TV klik360 cerita indonesia

BPBD Indramayu Jelaskan Kronologi Ledakan Kilang Minyak Pertamina Balongan

Senin, 29 Maret 2021 | 20:06 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.TV - Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi, menjelaskan kronologi ledakan kilang minyak milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan.

"Kebocoran gas atau bau menyengat sudah terjadi sejak pukul 23:00 WIB. Warga melaporkan ke Humas Pertamina sekitar pukul 00:45 WIB. Ledakan terdengar dua kali, ledakan kuat dan sedang, dan satu kali ledakan susulan dengan kekuatan besar," terang Dodi.

Baca Juga: Kondisi Terkini Balongan, Api dan Asap Hitam Masih Tampak di Lokasi

Penjelasan tersebut disampaikan Dodi saat konferensi pers dengan wartawan di Pendopo Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/2/21).

"Waktu terjadinya bencana itu pukul 00:45 WIB. Lokasi kilang minyak Pertamina RU VI Balongan. Lokasinya di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Penyebab kejadian bencana yaitu kebocoran tangki gas," ucap Dodi.

Baca Juga: Kondisi Terakhir Lokasi Pengungsian Warga Balongan di Pendopo Kabupaten Indramayu

 

Menurut Dodi, informasi tersebut ia dapatkan dari berbagai sumber, salah satunya laporan dari Pertamina langsung.

"Kami izin untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kejadian di Pertamina Balongan. Sumber informasi kami dari whatsapp maupuhn media sosial, dan laporan langsung dari tim assesment, ya ini sumber-sumber kami yang ada, kami himpun," ujar Dodi.

Video Editor: Lisa Nurjannah

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:03
SEKJEN KOMITE OLIMPIADE INDONESIA: KEBUTUHAN ANGGARAN KONTINGEN INDONESIA DI OLIMPIADE TOKYO SEBESAR RP 38 MILIAR   WHO: INDIA SUMBANG 46% KASUS BARU COVID-19 DI DUNIA   SERBIA TAWARKAN 3.000 DINAR (RP 442.169) BAGI WARGANYA YANG MAU DIVAKSIN COVID-19 SEBELUM AKHIR MEI 2021   TIONGKOK KERAHKAN 3 KAPAL BANTU PENGANGKATAN BADAN KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402   PEMPROV JATIM SIAPKAN LANGKAH ANTISIPASI DAMPAK KEPULANGAN 14.000 PEKERJA MIGRAN   DINKES BANTEN: 3 WARGA BANTEN TERINFEKSI COVID-19 B1617 DARI INDIA DAN B117 DARI INGGRIS   DISHUB NGANJUK: BUS YANG BOLEH BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK JUMLAHNYA TERBATAS DAN BERSTIKER KHUSUS   TERMINAL BUS ANJUK LADANG DI NGANJUK, JATIM, TETAP BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK DARI 6-17 MEI 2021   TERMINAL PULO GEBANG, JAKTIM, SEDIAKAN 750 ALAT TES CEPAT ANTIGEN GRATIS SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA PERCEPAT REALISASI APBD 2021   MENAG INSTRUKSIKAN PENGETATAN PENGAWASAN PROTOKOL KESEHATAN DI RUMAH IBADAH DI TENGAH PANDEMI   BKN AKAN BAHAS BERSAMA DENGAN KEMENPAN RB SOAL 75 PEGAWAI KPK YANG TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN   MENPAN DAN RB TJAHJO KUMOLO SEBUT DASAR PELAKSANAAN TES WAWASAN KEBANGSAAN YAKNI PERATURAN KOMISONER KPK   PENDAFTARAN BEASISWA LPDP DI BEASISWALPDP.KEMENKEU.GO.ID DIBUKA HINGGA 1 JUNI 2021