Kompas TV video cerita indonesia

BPBD Indramayu Jelaskan Kronologi Ledakan Kilang Minyak Pertamina Balongan

Kompas.tv - 29 Maret 2021, 20:06 WIB
Penulis : Aryo bimo

INDRAMAYU, KOMPAS.TV - Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi, menjelaskan kronologi ledakan kilang minyak milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan.

"Kebocoran gas atau bau menyengat sudah terjadi sejak pukul 23:00 WIB. Warga melaporkan ke Humas Pertamina sekitar pukul 00:45 WIB. Ledakan terdengar dua kali, ledakan kuat dan sedang, dan satu kali ledakan susulan dengan kekuatan besar," terang Dodi.

Baca Juga: Kondisi Terkini Balongan, Api dan Asap Hitam Masih Tampak di Lokasi

Penjelasan tersebut disampaikan Dodi saat konferensi pers dengan wartawan di Pendopo Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/2/21).

"Waktu terjadinya bencana itu pukul 00:45 WIB. Lokasi kilang minyak Pertamina RU VI Balongan. Lokasinya di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Penyebab kejadian bencana yaitu kebocoran tangki gas," ucap Dodi.

Baca Juga: Kondisi Terakhir Lokasi Pengungsian Warga Balongan di Pendopo Kabupaten Indramayu

 

Menurut Dodi, informasi tersebut ia dapatkan dari berbagai sumber, salah satunya laporan dari Pertamina langsung.

"Kami izin untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kejadian di Pertamina Balongan. Sumber informasi kami dari whatsapp maupuhn media sosial, dan laporan langsung dari tim assesment, ya ini sumber-sumber kami yang ada, kami himpun," ujar Dodi.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x