Kompas TV kolom opini

Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar: Tragedi Minggu Palma

Minggu, 28 Maret 2021 | 17:45 WIB
bom-bunuh-diri-di-gereja-katedral-makassar-tragedi-minggu-palma
Ilustrasi Minggu Palma (Sumber: The Church of the Epiphany)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Minggu (28/3/2021) ketika jantung kehidupan Makassar sudah mulai berdenyut, ketika warga mulai beraktifitas, ketika umat Katolik sedang beribadah merayakan Minggu Palma, mengawali Pekan Suci, sebuah bom bunuh diri meledak.

Bom meledak di pintu gerbang samping, dekat pos satpam, kompleks Gereja Katedral Hati Kudus Yesus,  Makassar. Ledakan terjadi pukul 10.26 WITA. Pelaku bom bunuh diri tewas. Beberapa orang terluka.

Tindakan itu, telah mengoyak persaudaraan kemanusiaan bangsa. “Apapun motifnya, aksi ini tidak dibenarkan agama karena dampaknya tidak hanya pada diri sendiri juga sangat merugikan orang lain,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Apapun alasan yang mendorong mereka melakukan tindakan itu adalah mereka mau menjadikan dirinya sebagai senjata. Pilihan ini adalah langkah pertama untuk memasuki wilayah kematian.

Serangan bunuh diri adalah metode operasional di mana tindakan serangan sangat tergantung setelah kematian pelaku. Di sinilah unsur kemanusiaan ditiadakan, ditinggalkan.

Dengan kata lain, mereka para pelaku penyerangan (bom) bunuh diri tidak mempertimbangkan aspek-aspek kemanusiaan, nilai-nilai kemanusiaan mereka robek-robek, injak-injak.

Mereka tutup mata. Yang penting, dia mati dan orang lain juga mati demi tercapainya tujuan. Karena itu, pilihan ini merupakan langkah pertama memasuki domain kematian.

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:47
PGI IMBAU SELURUH UMAT KRISTEN TETAP TENANG ATAS KEJADIAN BOM BUNUH DIRI DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR    KOMINFO MINTA MASYARAKAT TAK SEBAR LUASKAN VIDEO ATAU FOTO BOM BUNUH DIRI DEPAN GEREJA KATEDRAL MAKASSAR    JUBIR WAPRES MINTA MASYARAKAT TAK BERSPEKULASI DAN TERPROVOKASI TERKAIT AKSI TEROR DI MAKASSAR   KKP TARGETKAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK DARI SEKTOR KELAUTAN & PERIKANAN HINGGA 2024 CAPAI RP 12 TRILIUN   PEMPROV JABAR PROSES KEMBALI USULAN KABUPATEN BOGOR TIMUR & INDRAMAYU BARAT JADI DAERAH OTONOMI BARU   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 3 RUSUN UNTUK SEJUMLAH LEMBAGA PENDIDIKAN BERBENTUK YAYASAN DAN KEUSKUPAN DI NTT   SOAL LARANGAN MUDIK, GUBERNUR DKI: SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) WILAYAH JAKARTA KEMUNGKINAN DIBERLAKUKAN   IMPARSIAL MENGECAM KERAS PELEDAKAN BOM BUNUH DIRI DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK MASYARAKAT TAK TERPROVOKASI OLEH AKSI TEROR BOM BUNUH DIRI DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR   PP MUHAMMADIYAH KECAM KERAS DAN SANGAT PRIHATIN DENGAN PELEDAKAN BOM DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR   BOM BUNUH DIRI DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR, PRESIDEN: TERORISME TAK ADA KAITANNYA DENGAN AGAMA APA PUN   PRESIDEN PASTIKAN PENGOBATAN KORBAN LEDAKAN BOM DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR DIJAMIN NEGARA   BOM BUNUH DIRI DI GEREJA KATEDRAL MAKASSAR, PRESIDEN JOKOWI MINTA MASYARAKAT TETAP TENANG BERIBADAH   KUTUK AKSI TEROR DI MAKASSAR, PRESIDEN JOKOWI: SEMUA AJARAN AGAMA MENOLAK TERORISME