Kompas TV nasional agama

Amalan Doa dan Zikir di Bulan Ramadan untuk Tambah Pahala Kamu

Sabtu, 27 Maret 2021 | 16:30 WIB
amalan-doa-dan-zikir-di-bulan-ramadan-untuk-tambah-pahala-kamu
Salah satu bentuk zikir di bulan Ramadan yaitu dengan membaca Alquran (Sumber: Positive Moslem Attitude - Unsplash)

JAKARTA, KOMPAS TV - Bulan suci Ramadan, saatnya umat muslim memperbanyak ibadah untuk untuk kembali membersihkan jiwa serta meningkatkan ketaqwaan diri kepada Allah SWT. Salah satunya yaitu dengan mengamalkan doa dan memperbanyak zikir.

Dengan doa dan zikir, janji Allah tidak hanya saja berupa pahala yang besar tetapi juga kemudahan hidup. Dalam Alquran surat Az-Zumar ayat 10, Allah SWT mengatakan:

Jika satu zikir di bulan lain bernilai satu kebaikan, maka di bulan Ramadan ia akan berlipat ganda pahalanya.

Meski hukumnya sunah untuk dikerjakan. Namun zikir sangat diutamakan karena itu adalah perintah Allah SWT langsung. Sebagaimana yang tercantum dalam Alquran:

"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (QS. Al-Ahzaab:1)

Salah satu bentuk dzikir yang utama adalah membaca Alquran. Adapun beberapa amalan doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan yaitu:

Doa ketika melihat hilal

Nabi Muhammad SAW ketika melihat hilal beliau membaca:

Allahumma ahillahu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah

(Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah). (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ad Darimi)

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Sorotan: Jakarta Terancam Tenggelam?

Minggu, 1 Agustus 2021 | 03:49 WIB
Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19