Kompas TV entertainment lifestyle

Warganet Ramai Bahas Kiky Saputri dan Sule, Apa Arti Roasting Sebenarnya?

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 10:57 WIB
warganet-ramai-bahas-kiky-saputri-dan-sule-apa-arti-roasting-sebenarnya
Kiky Saputri yang disebut warganet hendak me-roasting Sule. (Sumber: Kompascom)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV - Komika Kiky Saputri mengaku enggan me-roasting artis. Ia bahkan mengaku pernah mendapati seorang artis yang baper dan menolak jadi bahan roasting. Warganet mengaitkan curhatan Kiky itu dengan Sule.

Dalam obrolan di kanal Youtube Denny Sumargo, Kiky Saputri mengaku kejadian artis menolak jadi bahan roasting itu ia alami saat menjadi bintang tamu di sebuah acara stasiun televisi swasta.

Baca Juga: Nama Sule Terseret Isu Roasting Artis, Kiky Saputri Minta Netizen Jangan Sudutkan Satu Pihak

“Paling males roasting artis sebenernya karena pernah kejadian artisnya enggak asik,” kata Kiky.

“Gue udah bikin materinya, terus pas gue kirim kru TV-nya minta direvisi. Pas gue bikin ulang dan kirim lagi, awalnya dia bilang aman di-roasting.  Nggak lama pas mepet banget siaran, krunya malah ngomong si host nggak mau di-roasting,” tutur komedian yang kerap me-roasting para pejabat itu.

Warganet pun mengaitkan-ngaitkan hal itu pada Sule yang menjadi pembawa acara di sebuah stasiun televisi swasta. Sempat menjadi trending topic, warganet pun ramai-ramai mengomentari hal itu di akun Instagram suami Natalia Holscher.

Natalia Holscher pun ikut turun tangan. Ia menyebut, Sule siap jadi bahan roasting. Namun, Kiky baru bisa melakukan roasting di podcast Sule.

Baca Juga: Pecah!! Stand Up Nopek Novian: Saya Stand Up Ada Tehniknya - SUCI IX ULTIMATE SHOW 7 [SEGMEN 2]

“Mbaknya lagi sakit, lagi nunggu kabar sembuh, siap roasting suamiku ya di Sulpod... See you cepat sembuh ya mbaknya,” tulis Natalia Holscher dalam Instagram Stories.

Sebenarnya, apa arti roasting yang ramai dibicarakan ini?

Istilah roasting jamak terdengar di dunia Stand Up Comedy. Istilah roasting telah mengalami berbagai perubahan selama beberapa tahun. Menurut laman Friars' Club, istilah ini pertama kali digunakan tahun 1904, dan baru kemudian menyusul digunakan para aktor, musisi dan komedian.

Roasting adalah menjadikan seseorang atau sesuatu sebagai bahan lelucon. Cara melucu ini dapat menjadi sarana menguatkan sebuah komunitas dan melawan political correctness (sikap politik yang tidak ingin menyinggung kelompok tertentu). Roasting juga bisa menargetkan selebriti dan tokoh mana saja. 

Baca Juga: Stand Up One Liner 8 Komika dengan Tema 'Menang Banyak' - ULTIMATE SHOW 8 | SUCI IX

Meski terlihat sama dengan mencela, roasting memiliki aturan tersendiri. Pertama, roasting tidak boleh rasis. Lalu, lelucon harus mempertimbangkan situasi kehidupan dan keunikan target roasting.

Selain itu, roasting juga tak bisa kelewatan dan komika bisa mempertimbangkan perasaan orang yang jadi target roasting. Komika pun harus memahami masalah sosial, budaya, seksual, gender, dan ekonomi yang sensitif bagi sebagian orang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x