Kompas TV regional kesehatan

Kenali Penyebab Dan Gejala Katarak Pada Mata | AYO SEHAT

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 01:57 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Sobat sehat, penyakit katarak identik dengan gangguan pada penglihatan mata, yang kerap dialami pada usia senja. Namun tidak hanya pada usia senja, penyakit katarak juga dapat menyerang usia muda . Namun penyakit katarak yang biasanya di alami pada usia muda, memiliki faktor yang berbeda, dengan penyakit yang dialami oleh usia senja .

Pada daerah tropis yang kaya akan sinar ultra violet dari matahari , merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya gangguan pada mata. Selain itu beberapa faktor lain dari penyakit katarak yang dapat dialami pada usia muda , adalah konsumsumsi obat obatan , khususnya steroid. Dan faktor lainnya, seperti trauma dan kecelakaan .

Penyakit katarak , umumnya dapat terbentuk pada salah satu mata saja , atau bisa juga keduanya. Pada awalnya , gejala yang muncul biasanya tidak begitu terasa,  namun seiring berjalannya waktu, katarak dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, bahkan dapat mengakibatkan kebutaan.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai katarak , ada beberapa gejala awal yang menjadi penyebab penyakit katarak.

Diantaranya adalah , pandangan mata menjadi buram . Sensitifitas mata terhadap cahaya atau sinar menjadi tinggi . Penglihatan menjadi ganda . Lemahnya penglihatan pada malam hari , dan warna disekitar telihat memudar.

Gejala dari penyakit katarak yang dialami , dapat terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan, sehingga lensa mata menjadi keruh dan sulit ditembus cahaya. Apabila ini terjadi, sobat sehat diharapkan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata , untuk mandapat diagnosa yang pasti .

Apabila katark sudah dialami , umumnya pengobatan yang dilakukan adalah dengan operasi .

Lalu , langkah apa yang harus kita lakukan sejak dini , agar kita dapat terhindar dari penyakit katarak. Temukan jawabannya , di ayooo sehat .

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x