Kompas TV regional berita daerah

Sukses Dibudidaya Di Sidrap, Porang Jadi Magnet Pertanian Sulsel

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 12:33 WIB
sukses-dibudidaya-di-sidrap-porang-jadi-magnet-pertanian-sulsel
Perkebunan porang ini telah banyak memfasilitasi masyarakat Sulsel untuk memulai menanam porang. (Sumber: Kompas.TV Makassar)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Gairah komoditas ekspor di sulsel semakin menggeliat, pesona porang dimata dunia yang bernilai tinggi, menggiurkan banyak pihak untuk mengembangkan tanaman jenis umbian ini di tanah miliknya.

Melihat potensi pasar hingga cara penanamannya di lahan gambut jadi hal yang patut dicontoh langsung oleh petani hingga pemerintah daerah.

Merasa potensi porang sesuai dengan kontur tanah didaerahnya, gubernur, bupati hingga kelompok tani, langsung berguru ke kelompok tani yang sudah berhasil lebih dulu.

Syaharuddin Alrif yang juga Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan adalah pengagas tanaman porang di Sulsel mengatakan, bahwa dirinya memulai ini dari lahan “tidur” yang dikelola dengan baik sehingga seperti ini.

Syaharuddin Alrif yang juga Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan adalah penggagas tanaman porang di Sulsel mengatakan, bahwa dirinya memulai ini dari lahan “tidur” yang dikelola dengan baik sehingga seperti ini. (Sumber: Kompas.TV Makassar)
 
 

“Terima kasih atas kunjungan para petani Bulukumba dan Soppeng ini atas kehadiran di Sidrap, perlu saya sampaikan bahwa disini dulu adalah lahan tidur, tapi setelah saya kelola dengan kerja keras dan semangat sehingga porang bisa berhasil tumbuh dengan baik,” jelas Syahar 

Tokoh Pemuda Bulukumba Anggoro menyampaikan bahwa dirinya sudah kedua kalinya hadir di kebun porang ini, sejak dirintis pertama kali masih lahan tidur dan tempat ini sangat kering tapi karena kerja kerja pertanian Syaharuddin Alrif sehingga bisa seperti saat ini.

“Awal tahun 2020 saat mulai di gerakkan penanaman porang ini, saya hadir di tempat ini, masih sangat kering tapi saat ini hamparan ini telah ditanami porang oleh kak Syahar, sangat luar biasa ini dan menjadi inspirasi,” jelasnya.

Sekadar informasi, perkebunan porang ini telah banyak memfasilitasi masyarakat Sulsel untuk memulai menanam porang. Mulai dari bibit sampai pembelian hasil tanaman porang di fasilitasi Syaharuddin Alrif.

Tak berhenti ditingkat kelompok tani, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang berkunjung di perkebunan porang PT.Alfatih Porang Indonesia di Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidrap (20/3/2021).

Kunjungan ini bermaksud melihat budidaya tanaman porang yang dikelola kelompok tani semangat Milenial Binaan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif.

Zainal Arifin mengatakan, porang adalah komoditas ekspor yang sangat luar biasa.

"Saya lihat di media sosial, porang tumbuh subur di Sidrap. Makanya kami ke Sulsel dan berkunjung langsung ke perkebunan porang Sidrap ini. Sangat luar biasa ini,” jelas mantan Wakapolda Kaltara ini.

Oleh karena itu, ucap Zainal Arifin Paliwang, pihaknya juga akan mengembangkan pertanian porang tersebut.

"Potensi pengembangan porang jelas besar karena kita memiliki lahan yang luas. Budidaya porang ini komoditas ekspor. Apalagi Pak Menteri Pertanian sudah pernah ke lokasi ini juga," tutupnya


#KELOMPOKTANIMILENIAL
#SYAHARUDDINALRIF
#PORANG



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x