Kompas TV nasional sosok

Erick Thohir, Menteri BUMN Pemilik Klub Sepak Bola dan Ketua Ekonomi Syariah

Kompas.tv - 23 Maret 2021, 06:55 WIB
erick-thohir-menteri-bumn-pemilik-klub-sepak-bola-dan-ketua-ekonomi-syariah
Menteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran logo Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020). (Sumber: Dokumentasi Kementerian BUMN)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebelum masuk ke dalam jajaran pemerintahan sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dikenal sebagai pengusaha sukses. Namun yang membuat masyarakat juga kagum, karena Erick ikut berkecimpung menjadi pemilik klub sepak bola dan basket.

Ketika ikut membeli klub Inter Milan, publik di tanah dibuat berdecak kagum. Inter Milan adalah klub besar di Italia. Dan lelaki kelahiran Jakarta 30 Mei 1970 itu, mengaku sebagai fans Inter Milan. 


“Ada yang namanya saat itu Karl-Heinz Rummenigge main di Inter. Lothar Mattheus, Andreas Brehme, Jurgen Klinsmann main di Inter. Langsung kena kan, dalam arti wah. Tambah lagi terakhir-terakhir dia beli Ronaldo waktu itu kan. Nah ya kebetulan fans lah dan kebetulan available,” ujar Erick dalam acara Lets Talk From Home yang dikutip Kompas.com, 20 Juli 2020 lalu.

Baca Juga: Selain Kaesang, Ada Erick Thohir Kelola Persis Solo

Di dunia basket, pendiri Mahaka Group ini, adalah pendiri sekaligus pemilik klub basket Satria Muda. Ia juga disebut sebagai orang Asia pertama yang pernah memiliki Tim bola basket NBA ketika ia membeli saham Philadelphia 76ers.

Di tanah air, anak dari pengusaha Teddy Thohir ini pernah duduk sebagai  Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).

Dunia olah raga  pula yang membawanya menuju kursi kabinet. Ketika Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang, blasteran Lampung, Sunda dan Tionghoa ini ditunjuk menjadi ketua panitia. Ajang olahraga bergengsi ini terbilang sukses. Nama Presiden  Jokowi yang kala itu disebut akan mencalonkan diri untuk kedua kalinya pun meroket.

Baca Juga: Erick Thohir Ganti Pimpinan Pelindo I hingga Pelindo IV

Seperti sudah diduga sebelumnya, Erick pun ditarik sebagai Menteri BUMN. Tidak cukup sampai di sana, Erick kemudian diangkat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

"Kita ingin mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif sehingga tidak perlu terjadi lagi yang namanya dikotomi sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil," kata Erick dalam siaran persnya, Senin (22/3/2021).

Erick sangat yakin,  terbukti sektor ekonomi syariah memiliki kekuatan besar dalam menghadapi krisis. Di masa depan, MES diharapkan dapat menjembatani Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dengan lembaga pemerintah dan lembaga lainnya.

Baca Juga: Hari Perempuan Sedunia, Erick Thohir Targetkan Tiap BUMN Punya Direksi Perempuan

Satu lagi, Erick sudah membeli klub Persis Solo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, anak dari Presiden Jokowi. Erick menguasai 20 persen saham klub sepak bola kota Solo tersebut.
"Kangen bola,” katanya memberi alasan. 

Lengkap sudah jabatan yang dia pegang. Selain menteri BUMN, ketua masyarakat ekonomi syariah dan pemilik klub bola. Nah, siapa tahu ada partai politik yang mau menawarkan diri? 


  


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x