Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Gedung Sekolah Rusak Akibat Dampak Pandemi

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 16:44 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Karangasem, KOMPASTV - Seperti inilah kondisi gedung sekolah dasar negeri 3 amerta bhuana yang berada di banjar dinas abiantiing desa amerta bhuana kecamatan selat, karangasem. Dua ruang kelas dan satu ruang guru rusak cukup parah. Sebagian plafon sudah jebol, tembok retak dan saat hujan terjadi ruang kelas dipastikan bocor, karena itu semua bangku dan meja dipindahkan ke tempat yang lebih aman .

 

SD negeri 3 amerta bhuana merupakan salah satu dari puluhan sekolah rusak di kabupaten karangasem dampak dari pandemi covid 19 yang melanda dan satu tahun ini memaksa siswa harus belajar online.

 

Data dari dinas pendidikan kepemudaan dan olahrga kabupaten karangasem , mencatat empat puluh satu uni gedung sekolah dasar yang mengalami rusak akibat kurang perawatan. Diantaranya enam gedung sd mengalami rusak berat, dua puluh tiga unit gedung rusak sedang dan dua belas unit mengalami rusak ringan .

 

Sementara KABID pembinaan sekolah dasar dinas pendidikan kepemudaan dan olahraga kabupaten karangasem juga mengatakan selain karena pandemi/ usia bangun rata-rata diatas 79 tahun.

 

Namun di tengah kondisi pandemi saat ini sebangian bangun yang seharusnya sudah diperbaiki harus ditunda. Karena semua anggaran digunakan untuk penanganan pandemi covid 19. Meski seperti itu pihak disdikpora karangasem sudah mengajukan kembali untuk perbaikan di tahun 2022 dan tiga puluh dua sekolah sudah masuk dalam perencanaan perbaikan.

#efekpandemi #gedungsekolahrusak #kerusakangedungsekolah 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x