Kompas TV hobby news

Daftar Buku Terbaik Nawal El Sadaawi, Aktivis Hak Perempuan Asal Mesir yang Baru Meninggal Dunia

Senin, 22 Maret 2021 | 16:04 WIB
daftar-buku-terbaik-nawal-el-sadaawi-aktivis-hak-perempuan-asal-mesir-yang-baru-meninggal-dunia
File foto 2 Juli 1985 ini menunjukkan feminis Mesir terkemuka Nawal Saadawi yang telah dipenjara beberapa kali karena pandangan politik kiri-nya. Saadawi, seorang feminis Mesir terkenal psikiater dan novelis, meninggal karena sakit tua di usia 89 tahun. (Sumber: AP Photo/Paola Crociani, File)

KOMPAS.TV - Nawal El Saadawi telah meninggal pada Minggu (21/3/2021). Dunia kehilangan seorang aktivis, dokter, penulis yang vokal memperjuangkan hak politik dan seksual perempuan.

“Mereka bilang, ‘Kamu perempuan yang kurang ajar dan berbahaya’. Aku membicarakan kebenaran. Dan kebenaran itu kurang ajar dan berbahaya,” demikian Nawal pernah menulis.

Mengutip BBC, Nawal meninggal di usia 89 tahun di tanah airnya, Mesir di rumah sakit Kairo setelah bertahun-tahun melawan penyakitnya.

Sepanjang hidupnya, kejujuran Nawal kerap membahayakan dirinya. Ia keras mengkritik budaya yang tidak adil bagi perempuan, agama, penjajahan, sampai kemiskinan.

Nawal telah menulis lebih dari 55 buku novel, kumpulan esai, dan autobiografi. Bukunya-bukunya itu telah menginspirasi banyak orang dan menggusarkan pemerintah Mesir serta kelompok fundamental.

Berikut beberapa buku karya Nawal El Saadawi yang dapat mewakili pemikirannya.

The Hidden Face of Eve

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:18
BPH MIGAS MENYATAKAN DUKUNGAN ATAS KERJA SAMA PERTAMINA DAN MES DALAM PENYELENGGARAAN PERTASHOP   CALON PESERTA YANG INGIN MENDAFTAR KARTU PRAKERJA BISA MELALUI SITUS HTTPS://PRAKERJA.GO.ID    PENDAFTARAN PROGRAM KARTU PRAKERJA GELOMBANG KE-17 DIBUKA MULAI HARI INI    WAKIL KETUA KOMISI X DPR DEDE YUSUF USULKAN PEMERINTAH TERBITKAN SKB TERKAIT PENGAWASAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA   KEMDIKBUD: PEMBELAJARAN TATAP MUKA ATAU PEMBUKAAN SEKOLAH PERLU DIDORONG UNTUK HINDARI “LEARNING LOSS” PADA SISWA   KPCPEN: KARANTINA 14 HARI ATAU 14X24 JAM HANYA BERLAKU BAGI PELAKU PERJALANAN DARI INDIA   KPCPEN SEBUT KARANTINA BAGI PELAKU PERJALANAN DARI NEGARA LAIN MASIH BELUM DIPUTUSKAN    DINKES KOTA DEPOK KLAIM SUDAH MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 12 ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)   HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA, GUBERNUR ANIES BASWEDAN IMBAU WARGA PADAMKAN LAMPU MALAM INI SELAMA 1 JAM    LEMBAGA BANTUAN HUKUM JAKARTA MINTA POLRI TINDAK LANJUTI LAPORAN DUGAAN GRATIFIKASI KETUA KPK FIRLI BAHURI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.750: 3.913 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 633 DALAM PERAWATAN   DINKES KOTA DEPOK GENCARKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 BAGI WARGA YANG BAWA LANSIA KE PUSKEMAS UNTUK DIVAKSINASI    DINKES: PROGRES VAKSINASI COVID-19 BAGI WARGA LANSIA DI KOTA DEPOK MASIH DI BAWAH 20 PERSEN   KEMENAG KOTA TANGSEL: SEKITAR 1.203 JEMAAH YANG BATAL BERANGKAT IBADAH HAJI 2021