Kompas TV hobby news

Daftar Buku Terbaik Nawal El Sadaawi, Aktivis Hak Perempuan Asal Mesir yang Baru Meninggal Dunia

Senin, 22 Maret 2021 | 16:04 WIB
daftar-buku-terbaik-nawal-el-sadaawi-aktivis-hak-perempuan-asal-mesir-yang-baru-meninggal-dunia
File foto 2 Juli 1985 ini menunjukkan feminis Mesir terkemuka Nawal Saadawi yang telah dipenjara beberapa kali karena pandangan politik kiri-nya. Saadawi, seorang feminis Mesir terkenal psikiater dan novelis, meninggal karena sakit tua di usia 89 tahun. (Sumber: AP Photo/Paola Crociani, File)

KOMPAS.TV - Nawal El Saadawi telah meninggal pada Minggu (21/3/2021). Dunia kehilangan seorang aktivis, dokter, penulis yang vokal memperjuangkan hak politik dan seksual perempuan.

“Mereka bilang, ‘Kamu perempuan yang kurang ajar dan berbahaya’. Aku membicarakan kebenaran. Dan kebenaran itu kurang ajar dan berbahaya,” demikian Nawal pernah menulis.

Mengutip BBC, Nawal meninggal di usia 89 tahun di tanah airnya, Mesir di rumah sakit Kairo setelah bertahun-tahun melawan penyakitnya.

Sepanjang hidupnya, kejujuran Nawal kerap membahayakan dirinya. Ia keras mengkritik budaya yang tidak adil bagi perempuan, agama, penjajahan, sampai kemiskinan.

Nawal telah menulis lebih dari 55 buku novel, kumpulan esai, dan autobiografi. Bukunya-bukunya itu telah menginspirasi banyak orang dan menggusarkan pemerintah Mesir serta kelompok fundamental.

Berikut beberapa buku karya Nawal El Saadawi yang dapat mewakili pemikirannya.

The Hidden Face of Eve

Nawal El Saadawi tidak hanya terkenal karena menentang berbagai praktek kekerasan pada perempuan dalam budaya Arab dan Islam. Namun, ia juga mentang penggunaan rias wajah dan pakaian terbuka.

Nawaal pernah merasa tersiksa karena menjalani sunat perempuan. Ia juga menyaksikan kekerasan seksual, pelacuran, dan poligami. Terganggu dengan berbagai praktek kekerasan dan ketidakadilan itu, ia menuliskan buku ini.

Buku ini juga menampilkan wajah Islam yang adil dan damai dalam pikiran Nawal.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19