Kompas TV regional peristiwa

Bertahun-tahun Tak Masuk Kantor, Ratusan ASN Mimika Papua Masih Terima Gaji, Bupati Ancam Pecat

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 10:57 WIB
bertahun-tahun-tak-masuk-kantor-ratusan-asn-mimika-papua-masih-terima-gaji-bupati-ancam-pecat
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) (Sumber: CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

MIMIKA, KOMPAS TV - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, mengancam bakal memecat anak buahnya yang tidak pernah datang ke kantor,   yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten Mimika, Papua.

Seperti diketahui, terdapat 280 ASN yang sudah tidak pernah datang ke kantor untuk bekerja selama bertahun-tahun. Namun dsmikian, mereka masih mendapat gaji dan tunjangan.

Baca Juga: Belum Pasti, Kebijakan Cuti Bagi ASN Akan Diumumkan Jelang Idu Fitri

"Ada 280 ASN yang tidak pernah masuk kantor bertahun-tahun tapi tetap menerima gaji dan tunjangan," kata Eltinus di Timika, Minggu (21/3/2021) seperti dikutip dari Antara.

Eltinus mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan sekretaris daerah atau Sekda Kabupaten Mimika untuk memanggil mereka yang tak pernah ngantor itu.

"Saya sudah perintahkan Sekda untuk segera memanggil mereka. Jika sampai tiga kali dipanggil tidak juga menghadap, yah terpaksa harus diberhentikan," ujarnya.

"Ini untuk pembelajaran kepada semua. Jangan seenaknya tidur-tiduran di rumah, lalu tiap bulan terima gaji enak-enak tanpa bekerja."

Baca Juga: Demi Bisa Makan Sushi Sepuasnya, Ratusan Anak Muda di Taiwan Mengubah Nama Mereka jadi 'Salmon'

Eltinus mengetahui ratusan pegawainya tak pernah masuk kantor setelah melakukan validasi data ASN di Pemerintah Kabupaten Mimika.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Mimika, Michael Gomar, mengatakan siap mengirimkan surat resmi ke 280 ASN yang bertahun-tahun tidak berkantor.

Mengacu pada PP Nomor 53 Tahun 2010, kata Michael, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan kepada oknum ASN yang dianggap melanggar disiplin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x