Kompas TV internasional kompas dunia

Momen Staf Perwakilan Korut Tinggalkan Malaysia, Buntut Pemutusan Hubungan Diplomatik

Kompas.tv - 21 Maret 2021, 17:21 WIB
Penulis : Laura Elvina

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Seluruh staf kedutaan dan perwakilan Korea Utara di Malaysia meninggalkan Negeri Jiran, hari ini, Minggu (21/3/2021).

Langkah ini dilakukan sebagai dampak dari pemutusan hubungan diplomatik antara kedua negara oleh Korea Utara.

Sebelumnya, pemerintah Korea Utara mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan Malaysia, pada Jumat (19/3/2021), sebagai buntut dari ada warga Korea Utara yang diekstradisi ke AS oleh pengadilan Malaysia.

Atas keputusan tersebut, pemerintah Malaysia pun meminta Korea Utara untuk menarik seluruh perwakilannya di Kuala Lumpur dalam waktu 48 jam. Pemerintah Malaysia pun menutup kantor kedutaan besar yang ada di Pyongyang.

Selain pemutusan hubungan diplomatik, Korea Utara juga mengecam dan menyebut langkah Malaysia sebagai bentuk permusuhan terhadap Pyongyang.

Mun Chol Myong, warga Korut yang diekstradisi ke "Negeri Paman Sam", menghadapi tuduhan pencucian uang karena diduga mengekspor barang terlarang ke Korea Utara dan itu melanggar sanksi.

Setelah Pyongyang memutuskan hubungan, Malaysia memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Korea Utara untuk meninggalkan "Negeri Jiran".

Video editor: Vila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x