Kompas TV video cerita indonesia

Ribut Impor Beras, Mendag Lutfi: Salahkan Saya Jangan Pak Menko, Pak Mentan, dan Dirut Bulog

Kompas.tv - 20 Maret 2021, 16:50 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan kegaduhan rencana impor beras cukup salahkan dirinya saja.

“Jadi jangan salahkan Pak Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto), Pak Mentan (Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo), jangan salahkan Dirut Bulog (Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso). Salahkan saya.”ungkap Lutfi dalam konferensi pers virtual lewat kanal Youtube Kementerian Perdagangan. 

Lebih lanjut Lutfi menjelaskan bahwa masa panen raya diselingi musim hujan, membuat banyak gabah basah.

Sedangkan ada standar di Bulog untuk menerima kualitas gabah dari petani.

"Saya ingin pastikan hari ini belum ada impor, tidak akan menghancurkan harga beras petani dan saya jamin tidak ada niatan pemerintah hancurkan harga petani. Yang ada sekarang gabah basah, gabah nggak bisa dibeli Bulog, petani berhadapan dengan pedagang, itu yang terjadi,"jelas Lutfi.

Lutfi menjelaskan seharusnya di Perum Bulog itu tersedia stok antara 1-1,5 juta ton beras setiap tahunnya.

"Stok Bulog kurang dari 1 juta ton. Jadi stok akhir Bulog yang kira-kira 800.000 ton dikurangi dengan stok impor 2018 yang 300.000 jadi stok Bulog hanya, mungkin tidak mencapai 500.000 ton. Ini adalah salah satu kondisi stok terendah dalam sejarah Bulog. Jadi, Anda tahu bagaimana rasa hati saya ngilunya," kata Lutfi.

Video Editor: Rengga
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x