Kompas TV regional berita daerah

Swadaya Normalisasi Saluran Untuk Atasi Banjir

Kompas.tv - 19 Maret 2021, 15:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

DEMAK, KOMPAS.TV - Untuk mengatasi agar tidak terjadi banjir lagi, saluran pembuangan yang menjadi penyebab banjir di Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dinormalisasi. Sebelumnya banjir terjadi akibat saluran  pembuangan yang  menuju saluran laut tidak berfungsi secara normal, akibat sedimntasi.

Secara geografis letak Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak berada di daerah cekungan. Kondisi daerah cekungan ini diperparah dengan tidak berfungsinya buangan air dari saluran desa sekitar. Dampaknya Desa Loireng, Kecamatan Sayung menjadi daerah langganan banjir. Baik banjir akibat curah hujan maupun banjir karena air pasang laut atau rob. Tidak berfungsinya saluran pembuangan ini akibat sedimentasi, diperparah dengan banyaknya tumbuhan liar serta penumpukan sampah.

Salah satu solusi agar saluran air bisa kembali normal yaitu dengan melakukan normalisasi serta membersihkan sampah dan tanaman liar, sepanjang 1 kilometer.

Aparat desa dengan warga setempat melakukan normalisasi dengan menyewa alat berat yang dilakukan secara swadaya. Meski telah melakukan normalisasi secara swadaya, namun hasilnya masih belum optimal. Oleh karena itu pihak desa berharap adanya perhatian dari pemprop jateng maupun pusat, untuk membantu pengadaan rumah pompa.

#Normalisasi #Swadaya #Banjir

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x